Jepang Rasa Eropa di Piala Dunia 2022

Jepang Rasa Eropa di Piala Dunia 2022

Jakarta, Beritaburung – Jepang jadi negara pertama kali yang umumkan tim khusus untuk melalui Piala Dunia 2022. Dari 26 pemain yang diundang, sekitar 80 % merumput di luar negeri.

Umumnya, mereka main di panggung Eropa dengan tampil dalam persaingan Premier League, Bundesliga, LaLiga, sampai Ligue 1. Cuma ada enam pemain yang merumput di persaingan lokal.

Menariknya, empat dari 6 pemain yang main di persaingan lokal umurnya telah melalui kepala tiga.

1. Yuto Nagatomo, si naga dari Jepang


Yuto Nagatomo
Yuto Nagatomo dapat disebut sebagai pemain Jepang yang paling senior dari persaingan lokal. Berumur 36 tahun, bekas pemain Inter Milan itu akan memainkan Piala Dunia 2022 ke-4 sejauh profesinya bersama Samurai Blue.

Nagatomo sebagai pemain paling senior dan kaya pengalaman di tim Jepang saat ini dengan 137 caps yang diciptakan semenjak 2008 lalu. Walau umurnya telah senja, Nagatomo masih jadi unggulan di pos bek kiri Jepang.

Pemain senior yang lain ialah Shuichi Gonda, Hiroki Sakai, dan Shogo Taniguchi. Empat pemain ini, sebagai pemain utama di baris belakang Jepang.

2. Yang lebih muda justru kurang greget


Hajime Moriyasu

Dua pemain dari persaingan lokal yang menembus tim Jepang buat Piala Dunia 2022 ialah Miki Yamane dan Yuki Soma. Menariknya, Yamane yang lebih muda daripada Sakai, malah cuma jadi lapisan.

Sementara, Soma jadi salah satu pemain di baris serang yang diundang dari persaingan lokal. Tetapi, Soma belum mendapatkan jam terbang tinggi karena daya tariknya kalah pada mereka yang main di persaingan Eropa.

3. Menguasai pemain yang bertanding di Eropa

Piala Dunia 2022

Tidak dapat dipungkuri, pelatih Hajime Moriyasu semakin banyak panggil pemain yang merumput di Eropa. Takumi Minamino, Takefusa Kubo, Kaoru Mitoma, Takuma Asano, sampai Takehiro Tomiyasu, masih kuasai starting XI Jepang.

Bek Schalke 04, Maya Yoshida, masih tetap dihandalkan buat jaga benteng pertahanan Jepang di Piala Dunia kelak. Kemungkinan, Yoshida masih memikul pekerjaan sebagai kapten team.