Hal Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Mudik Lebaran 2022

Hal Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Mudik Lebaran 2022

Dinamika mudik saat lebaran menjadi salah satu harapan dari tradisi Ramadhan di Indonesia. Di hari-hari terakhir Ramadhan, masyarakat Indonesia disibukkan dengan persiapan mudik ke kampung halaman yang selama dua tahun terakhir terpaksa ditutup akibat situasi pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Hal Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Mudik Lebaran 2022

Namun, seiring dengan penurunan jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia, pemerintah mengizinkan orang untuk pulang mudik dengan memberlakukan lebih banyak aturan. Bagi yang ingin kembali ke kota kelahiran untuk bertemu kerabat dan teman, sangat penting untuk mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah agar perjalanan Anda aman dan nyaman.

5 Hal Wajib Di Perhatikan Sebelum Mudik

Untuk lebih jelasnya, berikut di bawah ini adalah hal-hal yang harus anda perhatikan sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran 2022 agar bisa berjalan dengan lancar.

  1. Ikuti persyaratan pemerintah untuk vaksinasi Covid-19

Vaksinasi Covid-19 secara lengkap termasuk pemberian dosis booster menjadi persyaratan yang harus dipenuhi oleh mereka yang ingin bepergian dan pulang ke kampung halamannya.

Jadi bagi yang belum mendapatkan vaksin booster, tidak ada salahnya untuk mulai mencari tahu dimana bisa mendapatkannya. Bagi yang sudah menerima Vaksin booster, jangan lupa di periksa kelengkapan vaksinasi anda di aplikasi peduli lindungi yang tersedia di handphone anda.

  1. Pastikan kendaraan anda dalam keadaan yang baik dan siap menempuh perjalanan mudik lebaran

Bagi yang ingin melakukan perjalanan mudik lebaran 2022 dengan menggunakan kendaraan pribadi baik itu mobil maupun motor, lakukanlah pemeriksaan di bengkel-bengkel langganan agar kendaraan anda dalam kondisi yang baik.

mudik

Selain itu, Anda harus memastikan bahwa mobil memiliki semua perlengkapan yang dibutuhkan dalam keadaan darurat, seperti jas hujan untuk pengendara sepeda motor atau dongkrak dan ban cadangan untuk pengemudi mobil. Kotak P3K juga wajib harus ada di mobil Anda.

Jangan lupa juga untuk menyimpan nomor-nomor telepon yang penting, seperti nomor telepon bengkel resmi kendaraan, nomor telpon truk Derek atau bahkan nomor telpon polisi.

baca juga artikel tentang : smartwatch

  1. Pastikan kondisi tubuh anda dalam keadaan sehat sebelum mudik

Selain mobil, anda juga harus memperhatikan kesehatan sebelum melakukan perjalanan kembali ke kampung halaman. Wanita hamil, orang tua atau orang dengan penyakit kronis harus berkonsultasi dengan dokter sebelum bepergian.

Jika anda menggunakan kendaraan umum seperti pesawat terbang, kereta api ataupun bus, Anda harus memastikan bahwa Anda dalam keadaan sehat sehingga tidak menularkan atau menyebarkan virus penyakit kepada penumpang lainnya.

Selain itu Anda tentu tidak ingin orang yang anda cintai sakit karena keputusan Anda untuk pulang kampung dalam situasi yang buruk, bukan?

Anda dapat mempersiapkan ini dengan minum vitamin dan makanan bergizi sebelum perjalanan. Selain itu, pastikan Anda mengikuti protokol kebersihan, terutama menggunakan masker dan mencuci tangan hingga bersih atau menggunakan desinfektan tangan.

  1. Memakai pakaian yang nyaman saat mudik

Hal lain yang harus anda perhatikan saat melakukan perjalanan mudik lebaran 2022 adalah memakai pakaian yang nyaman. T-shirt longgar dan celana santai dapat dikenakan saat bepergian dengan mobil pribadi, sedangkan pengendara sepeda motor dapat melindungi diri dengan jaket dan helm biasa dan memakai sarung tangan, alas kaki yang nyaman dan mengenakan pakaian pelindung dan masker.

Bagi mereka yang bepergian ke sana dan pulang dengan transportasi umum, penting untuk tidak memakai terlalu banyak perhiasan. Anda juga harus menghindari membawa uang dalam jumlah besar untuk mengurangi kemungkinan kehilangan uang di sepanjang jalan. Untuk keamanan dan efisiensi bertransaksi, sebaiknya siapkan dompet digital dan lakukan transaksi cashless.

baca juga artikel kami tentang : powerbank

  1. Dapatkan informasi terbaru sebelum Anda bepergian

Mendapatkan informasi yang tepat dari sumber yang terpercaya juga bisa menjadi hal yang harus anda lakukan untuk persiapan mudik di tahun 2022. Informasi yang akurat bisa sangat berguna untuk menjaga perjalanan anda tetap aman dan nyaman hingga tiba di tempat tujuan, seperti itinerary, pom bensin. melacak tempat istirahat. Tidak ada salahnya mengaktifkan google map yang tersedia di handphone anda.