6 Trik Menyelesaikan Gatal karena Ulat Bulu yang Cocok

6 Trik Menyelesaikan Gatal karena Ulat Bulu yang Cocok

Ulat bulu memiliki kandungan racun yang dapat timbulkan beberapa reaksi dalam kulit manusia. Waktu bersenggolan dengan serangga ini, Anda dapat alami kemerahan, bentol, dan rasa gatal yang kuat di dalam kulit. Nach, gatal gara-gara dapat merambat secara cepat saat Anda menggaruki bentolnya. Karena itu, Anda penting melaksanakan langkah yang benar untuk menangani gatal sebab.

Pengaruh dari gigitan ulat bulu

Reaksi gara-gara terserang memang tidaklah memunculkan pengaruh yang serius ketimbang paparan racun tomcat, gigitan tawon, atau sengatan lebah. Walau demikian, akibat dari racundapat menyebabkan lebam, ruam yang perih, serta rasa gatal yang kerap kali tidak tertahan.

Menyebabkan, Anda terus menggaruki sisi kulit yang terpengaruh, tapi rasa gatalmalah semakin lebih dan menebar ke tempat kulit disekelilingnya. Menurut study rilis Biomedical Informatics, situasi ini adalah reaksi berlebih dari metode imun badan kepada racun.

Tersebut merupakan tanda-tanda yang umum tampil seusai terkena atau digigit ulat bulu:

ruam atau bentol di kulit,
kulit gatal, perih, kemerahan, dan lebam,
iritasi mata karena paparan bulu di mata,
Napas sesak dan batuk-batuk karena bulu yang masuk ke dalam aliran napas,
muntah,
mual, serta
iritasi disekitaran mulut waktu bulu-bulu ketelan.

Langkah bantuan pertolongan pertama menyingkirkan gatal lantaran ulat bulu

Untuk menyingkirkan gatal sebab ulat bulu, lakukan trik bantuan pertolongan pertama berikut di bawah ini.

1. Singkirkan bulu dari kulit

Singkirkan bulu dari kulit

Sekejap selesai mengenali Anda terserang selekasnya bebaskan bulu-yang melekat pada kulit. Tapi, jangan memanfaatkan tangan kosong untuk singkirkan serangga ini. Pakailah beberapa benda lain di kitaran Anda seperti kertas, ranting, sapu tangan, atau pinset, yang terutama Anda tak sentuh dengan cara langsung. Disamping itu, hati-hatilah mengambilbiar bulu-bulunya tidak menebar ke sisi kulit yang lain.

2. Membersihkan sisi kulit yang terserang ulat bulu-bulu

Membersihkan sisi kulit yang terserang ulat bulu-bulu

Kerap kali bulu-bulu lembut serangga ini ketinggalan dalam kulit, namun sukar disaksikan dengan kasar mata. Perihal ini pula yang sebabkan rasa gatal gara-gara serangga yang ada tak pun raib. Itu pemicunya, langkah seterusnya yang harus Anda melakukan untuk melenyapkan gatal sebab yakni membersihkan sisi kulit yang terekses. Membersihkan cedera dengan sabun serta air mengucur serta usahain untuk membasuh dengan lengkap ruang di sekeliling sisi yang terserang. Bila terserang pada sisi tangan, membersihkan dari lengan sampai telapak tangan biar kulit serius bersih dari racun.

3. Hindarkan menggaruki sisi kulit yang gatal

Hindarkan menggaruki sisi kulit yang gatal

Paparan dapat menyebabkan rasa gatal yang paling kuat. Meski susah untuk membendungnya, semestinya Anda tidak tiada henti menggaruki sisi kulit yang gatal. Karena menggaruki kulit yang gatal sebab dapat bikin gatalnya menebar secara simpel ke tempat disekelilingnya. Tidak itu saja, lama-kelaman kulit lantas dapat teriritasi. Saat membasuh sisi yang terseran, jauhi pula menggosoknya terlampau kuat buat menghindari dari penebaran racun ke bagian badan lainnya.

4. Pakai kompres dingin

Bukannya menggaruki, coba tempatkan kompres dingin di sisi kulit yang gatal. Kompres dingin dapat bertindak jadi obat natural menyelesaikan gatal karena terserang ulat bulu. Jangan secara langsung memanfaatkan batu es, tapi letakkanlah es di kantung atau botol. Anda dapat juga memanfaatkan handuk yang dibasahi air dingin. Kompres sisi kulit yang gatal sepanjang kira-kira 10-15 menit. Hindarkan membebaskan kompres kelamaan di kulit karena bisa halangi saluran darah.

5. Berikan salep pengurang gatal lantaran ulat bulu-bulu

Beberapa model obat tropis seperti salep hidrokortison pun bisa kurangi gatal terserang ulat bulu. Anda dapat memulaskan salep itu tipis-tipis di sisi kulit yang terpengaruh. Disamping obat yang terkandung aktif, Anda dapat memoleskan losion calamine jadi trik menyelesaikan gatal sebab terserang ulat bulu-bulu. Bahan alamiah seperti gel lidah buaya yang diyakini menyelesaikan cidera juga dapat memberinya effect merehatkan dalam kulit. Dengan demikian, rasa gatal lantaran ulat bulu lantas cepat raib.

6. Konsumsi obat untuk gatal karena terserang ulat bulu-bulu

Secara umum, rasa gatal lantaran ulat bulu akan raib dalam beberapa saat seusai coba trik perawatan di atas. Bila reaksi gatal karena terserang ulat bulu-bulu makin kuat serta menebar ke banyak bagian badan, meminum obat alergi seperti cetirizine serta diphenhydramine bisa menolong. Akan tetapi, semestinya Anda memperoleh obat itu langsung dari resep dokter. Karenanya situasi gatal yang menebar luas dapat mengisyaratkan reaksi alergi gigitan serangga yang serius.

Anda pun perlu waspada reaksi alergi yang lain barangkali ada. Gak cuman dalam kulit, saat ulat bulu terkait mata atau hidung, reaksi alergi bisa pula sebabkan mata merah serta iritasi pada kerongkongan. Meski jarang ada, racun dari ulat bulu bisa juga timbulkan reaksi beresiko seperti terguncang anafilaksis. Situasi alergi ini disinyalir napas sesak, lebam di bibir dan lidah, dan denyut jantung tidak teratur. Jikalau alami keadaan itu, Anda butuh lekas ke institusi genting buat mendapati bantuan pertolongan pertama-kali yang pas untuk alergi.

 

BACA JUGA : 5 Fungsi Konsumsi Kemiri buat Badan