Daftar 10 Hewan Paling Kuat di Bumi yang Ada di Darat Maupun Laut

Daftar 10 Hewan Paling Kuat di Bumi yang Ada di Darat Maupun Laut

Ilustrasi gajah (pixabay)

-BERITA BURUNG Dalam dunia hewan, kekuatan adalah salah satu faktor kunci yang menentukan kelangsungan hidup dalam ekosistem. Dari daratan hingga lautan, ada banyak

yang dikenal karena kemampuannya dalam bertahan hidup dan mengatasi berbagai tantangan alam. Kekuatan hewan tidak hanya terbatas pada kemampuan fisik, tetapi juga termasuk kecepatan, ketahanan, dan kecerdasan yang memungkinkan mereka menjadi penguasa di lingkungan masing-masing.

Paus menduduki peringkat pertama hewan Paling Kuat di bumi ini hanya karena ukurannya yang sangat besar. Meski tidak mampu mengangkat, menggenggam, atau menendang, paus membutuhkan tenaga yang sangat besar untuk menggerakkan tubuh besarnya melewati air.

Gerakan ini difasilitasi oleh dua kelompok otot besar di dekat ekornya, yaitu otot epaksial untuk gaya ke atas dan otot hipaksial untuk gaya ke bawah. Paus biru dapat menghasilkan gaya maksimum sekitar 60 kilonewton, satu kilonewton adalah gaya yang cukup untuk mempercepat benda seberat 1.000 kilogram (2.200 pon) dengan kecepatan satu meter per detik.