Cara Menanam Bawang Merah di Musim Hujan, Mudah Dilakukan 1

Cara Menanam Bawang Merah di Musim Hujan, Mudah Dilakukan 1

BERITA BURUNG – Teknik menanam bawang merah pada musim hujan penting diingat. Bawang merah adalah satu diantaranya hasil komoditas pertanian yang dapat dibudidaya di semua musim, tidak kecuali di musim penghujan. Walaupun begitu, menanam bawang merah pada musim hujan butuh perawatan yang khusus.

Menanam bawang merah pada musim hujan jadi halangan khusus buat beberapa petani. Dikarenakan, bila tak diatasi dengan tepat, pastilah mempunyai kemungkinan tidak sukses panen lumayan besar. Untuk itu, perlu mengamati langkah menanam bawang merah yang benar serta baik.

Menanam Bawang Merah

Teknik menanam bawang merah pada musim hujan harus lewat selangkah. Ini perlu dikerjakan biar tanaman tumbuh subur serta mendatangkan panen bermutu. Berikut metode menanam bawang merah pada musim hujan yang diberitakan dari distan.bulelangkab.go.id dan sumber yang lain:

Metode menanam bawang merah pada musim hujan yang pertama ialah melaksanakan pemrosesan tanah. Pemrosesan dapat dijalankan gunakan cangkul atau traktor.

Sesudah itu, penting pun dibikin bilikan dengan lebar seputar 1 mtr. atau disamakan dengan situasi tempat. Tentang hal jarak antara bilikan 20-30 cm dan dibentuk sedalam 20-30 cm.

Tanah yang sesuai menanam bawang merah pada musim hujan ialah tanah yang miliki struktur lagi sampai review. Type tanah yang sesuai, salah satunya latosol cokelat, andisol, serta asoisiasi latosol-andosol.

BACA JUGA YA : Resep Omelet Udang yang Gurih Nampol Buat Lauk Sarapan 1

Tanam di Area Terbuka
Trik menanam bawang merah setelah itu tanam di area terbuka. Yakini area itu tidak dijaga oleh pohon-pohonan atau atap atau hal yang lain. Tanaman bawang merah bakal tumbuh baik bila miliki sinar matahari yang penuh.

Proses Pemupukan
Pemumpukan dapat dikerjakan dengan 2 trik, adalah pemupukan taburi lewat tanah dan semprot. Pemupukan dasar dapat dikasihkan pada saaat pemrosesan tanah. Pemberian pupuk ini dipraktekkan pada ruangan tanam sebelumnya tanam ataupun waktu pemrosesan tanah ke-2 di tiap ruangan atau seputar 1-3 hari sebelumnya tanam.

Dalam pada itu, jadi dengan penyemprotan NeoKristalon Hijau (2 gr/L). Pemupukan ini dikasihkan di usia 20-25 HST. Bila curahan hujan kurang begitu tinggi, semprot NeoKristalon Merah (2 gr/L) di usia 40 HST serta 50 HST. Sementara, apabila cucur hujan tinggi, semprot MKP Pak Tani (5 gr/L) buat memperbanyak konsumsi P serta K maka tanaman bawang merah semakin kuat serta tumbuh subur.

Pengontrolan hama butuh dijalankan waktu menempatkan metode menanam bawang merah pada musim hujan. Buat menguasai hama serta penyakit, dijalankan berdasar rancangan Pengontrolan Hama Terintegrasi (HPT).

Daun yang diserang hama ulat bawang diikuti dengan telur ulat mengumpul di satu diantara daun, diambil, dihimpun, lalu dihilangkan. Tapi, jika gempurannya udah kritis, bisa disemprotkan dengan insektisida profenofos 2 ml/ liter, betasiflutrin 2 ml/liter.

Kerjakan Penelusuran secara Teratur
Teknik menanam bawang merah pada musim hujan lalu melaksanakan pemeriksaan secara teratur. Anda dapat melaksanakan pemupukan selesai penyiagaan. Pemupukan dapat dikerjakan dengan memberi pupuk pada lubang tanam

Teknik Memetik Bawang Merah
Sesudah mengenal trik menanam bawang merah pada musim hujan, Anda pun perlu memperhatikan di waktu memetik. Apabila bawang merah siap panen, berikut beberapa tehnik mengambil bawang merah, misalnya:

• Singkirkan tanah secara halus dari tanaman.

• Waktu menarik bawang merah, daun, serta seluruhnya, yakinkan tidak sembarangan. Kerjakan secara berhati-hati.

Taruh di area yang sejuk serta kering waktu 7 hari. Kalau tidak ada curahan hujan, diamkan bawang merah jadi kering di kebun.

• Yakinkan tidak membebaskan bawang merah di bawah cahaya matahari langsung. Putuskan daerah yang teduh buat menempatkan hasil panen.