Apple telah Meluncurkan M1 Ultra, Chip Paling Kuat di Dunia Untuk Komputer Pribadi

Apple telah mengumumkan M1 Ultra, lompatan raksasa berikutnya untuk silikon Apple dan Mac. Menampilkan UltraFusion — arsitektur pengemasan inovatif Apple yang menghubungkan dua chip M1 Max untuk menciptakan sistem pada chip (SoC) dengan tingkat kinerja dan kemampuan yang belum pernah terjadi sebelumnya — M1 Ultra menghadirkan daya komputasi yang menakjubkan ke Mac Studio baru sambil mempertahankan yang terdepan di industri kinerja per watt. SoC baru terdiri dari 114 miliar transistor, yang paling banyak dalam chip komputer pribadi. M1 Ultra dapat dikonfigurasi dengan bandwidth tinggi, memori terpadu latensi rendah hingga 128GB yang dapat diakses oleh CPU 20-core, GPU 64-core, dan Neural Engine 32-core, memberikan kinerja yang menakjubkan bagi pengembang yang mengkompilasi kode, seniman yang bekerja di lingkungan 3D besar yang sebelumnya tidak mungkin dirender, dan profesional video yang dapat mentranskode video ke ProRes hingga 5,6x lebih cepat dibandingkan dengan Mac Pro 28-inti dengan Afterburner.

“M1 Ultra adalah game-changer lain untuk silikon Apple yang sekali lagi akan mengejutkan industri PC. Dengan menghubungkan dua cetakan M1 Max dengan arsitektur pengemasan UltraFusion kami, kami dapat menskalakan silikon Apple ke ketinggian baru yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dengan CPU yang kuat, GPU besar, Neural Engine yang luar biasa, akselerasi perangkat keras ProRes, dan memori terpadu dalam jumlah besar, M1 Ultra melengkapi keluarga M1 sebagai chip paling kuat dan mumpuni di dunia untuk komputer pribadi.”
Johny Srouji – wakil presiden senior Teknologi Perangkat Keras Apple

Terobosan Arsitektur UltraFusion
Landasan untuk M1 Ultra adalah M1 Max yang sangat bertenaga dan hemat daya. Untuk membangun M1 Ultra, dua M1 Max dihubungkan menggunakan UltraFusion, arsitektur pengemasan yang dibuat khusus oleh Apple. Cara paling umum untuk mengukur kinerja adalah dengan menghubungkan dua chip melalui motherboard, yang biasanya membawa pertukaran yang signifikan, termasuk peningkatan latensi, pengurangan bandwidth, dan peningkatan konsumsi daya. Namun, UltraFusion inovatif Apple menggunakan interposer silikon yang menghubungkan chip di lebih dari 10.000 sinyal, menyediakan 2.5TB/dtk latensi rendah, bandwidth antarprosesor — lebih dari 4x bandwidth dari teknologi interkoneksi multi-chip terkemuka. Hal ini memungkinkan M1 Ultra untuk berperilaku dan dikenali oleh perangkat lunak sebagai satu chip, sehingga pengembang tidak perlu menulis ulang kode untuk memanfaatkan kinerjanya. Tidak pernah ada yang seperti itu.
apple
Perform dan Efektivitas Daya yang Belum Pernah Ada Awalnya
M1 Ultra mempunyai feature CPU 20-core yang hebat kuat dengan 16 core dengan performa tinggi dan empat core berefisiensi tinggi. Ini memberi performa multi-threaded 90 % semakin tinggi dibanding chip desktop PC 16-core paling cepat yang ada dalam amplop daya yang serupa. Disamping itu, M1 Ultra capai performa pucuk chip PC memakai 100 watt semakin sedikit. Efektivitas hebat itu memiliki arti semakin sedikit energi yang dimakan dan kipas bekerja dengan tenang, bahkan juga saat program seperti Logic Pro menyobek jalur kerja yang menuntut, seperti mengolah sebagian besar instrument virtual, plug-in audio, dan dampak.
apple2
Untuk keperluan grafis yang paling intens, seperti rendering 3D dan pemrosesan gambar yang kompleks, M1 Ultra mempunyai GPU 64-core — 8x ukuran M1 — memberi performa yang bisa lebih cepat dibanding GPU PC kelas tinggi yang ada saat memakai daya 200 watt semakin sedikit.

apple3

Arsitektur memory terintegrasi Apple dipertingkat dengan M1 Ultra. Bandwidth memory dipertingkat jadi 800GB/s, lebih dari 10x chip desktop PC terkini, dan M1 Ultra bisa dikonfigurasi dengan memory terintegrasi 128GB. Dibanding dengan kartu grafis PC terkuat yang optimal 48GB, tidak ada yang dekati M1 Ultra untuk memory grafis buat memberikan dukungan beban kerja intens GPU yang besar sekali seperti bekerja dengan geometri 3D yang berlebihan dan tampilkan panorama yang masif.

Neural Engine 32-core di M1 Ultra jalankan sampai 22 triliun operasi per detik, percepat pekerjaan evaluasi mesin yang paling melawan. Dan, dengan kekuatan mesin media 2x lipat dari M1 Max, M1 Ultra tawarkan hasil enkode dan dekode video ProRes yang belum sempat ada awalnya. Kenyataannya, Mac Studio baru dengan M1 Ultra bisa memutar ulangi sampai 18 streaming video 8K ProRes 422 — satu prestasi yang tidak bisa diraih oleh chip lain. M1 Ultra memadukan tehnologi Apple khusus, seperti mesin penampilan yang sanggup jalankan beberapa monitor external, pengatur Thunderbolt 4 terpadu, dan keamanan terbaik dalam kelasnya, terhitung Enklave Aman terkini Apple, boot aman yang diverifikasi piranti keras, dan anti-eksploitasi runtime. tehnologi.

macOS dan Program Menskalakan Sampai M1 Ultra
Integratif dalam di antara piranti keras dan piranti lunak sering jadi pokok pengalaman dari Mac. macOS Monterey sudah direncanakan untuk silikon Apple, manfaatkan kenaikan besar M1 Ultra dalam CPU, GPU, dan bandwidth memory. Tehnologi pengembang seperti Metal memungkinkannya program manfaatkan seutuhnya chip baru, dan optimalisasi di Core ML memakai Neural Engine 32-core yang baru, hingga mode evaluasi mesin jalan bisa lebih cepat dari mulanya.

Pemakai mempunyai akses ke koleksi program paling besar yang sempat ada untuk Mac, terhitung program iPhone dan iPad yang saat ini bisa berjalan pada Mac, dan program Universal yang buka kemampuan penuh keluarga chip M1. Program yang belum diperbaharui ke Universal akan berjalan lancar dengan tehnologi Rosetta 2 Apple.

Lompatan Maju Yang lain dalam Peralihan ke Apple Silicon
Apple sudah mengenalkan silikon Apple ke nyaris tiap Mac dalam barisan produk sekarang ini, dan tiap chip baru — M1, M1 Pro, M1 Max, dan saat ini M1 Ultra — mendatangkan kekuatan hebat untuk Mac. M1 Ultra lengkapi serangkaian chip M1, memberikan dukungan Mac Studio yang serba baru, mekanisme desktop bekerja tinggi dengan design singkat yang direncanakan ulangi yang bisa saja oleh performa per watt silikon Apple yang paling depan di industri.

apple4

Silikon Apple dan Lingkungan
Efektivitas energi silikon custom Apple menolong Mac Studio memakai semakin sedikit daya selama saat memakainya. Kenyataannya, sekalian memberi performa yang hebat, Mac Studio konsumsi energi sampai 1.000 kilowatt-jam semakin sedikit dibanding desktop PC kelas tinggi sepanjang satu tahun.

Sekarang ini, Apple netral karbon untuk operasi perusahaan global, dan di tahun 2030, merencanakan untuk mempunyai imbas cuaca 0 bersih di semua usaha, yang meliputi rantai suplai manufacturing dan semua transisi hidup produk. Ini memiliki arti jika tiap chip yang dibikin Apple, dimulai dari design sampai manufacturing, akan 100 % netral karbon.