Akses Facebook, Twitter, Instagram di block oleh Rusia

Akses Facebook, Twitter, Instagram di block oleh Rusia

Rusia sudah seutuhnya memblok akses ke Facebook sebagai pembalasan atas basis yang batasi media punya Negara mereka.

Regulator komunikasi negara Rusia, Roskomnadzor, selanjutnya menjelaskan faksinya sudah batasi akses ke Twitter.

Akses Facebook, Twitter, Instagram di block oleh Rusia

Facebook dan basis saudaranya Instagram sudah hapus Russia Today (RT) dan Sputnik dari keluaran mereka di Uni Eropa minggu ini dan lakukan hal sama dengan Inggris di hari Jumat, yang mendapatkan respon langsung dari regulator komunikasi Rusia.

Pengawas Roskomnadzor menjelaskan ada 26 kasus diskriminasi pada media Rusia oleh Facebook semenjak Oktober 2020, dengan akses terbatas pada service informasi yang disokong negara seperti Russia Today dan kantor informasi RIA.

regulator regulator protes karena menyalahi hak dan kebebasan masyarakat negara Rusia

Minggu kemarin regulator sudah umumkan penutupan “beberapa” Facebook, mengeklaim jika media sosial sudah menyalahi “hak dan kebebasan masyarakat negara Rusia”

Nick Clegg, presiden masalah global di induk Facebook, Meta, menjelaskan penutupan basis akan menggunting “juta-an orang Rusia biasa” dari info yang bisa dipercayai, merintangi mereka berbicara dengan rekan dan keluarga dan memiliki arti mereka “dibungkam dari bicara”.

Ia berbicara: “Kami terus akan lakukan semua yang kami dapat untuk mengembalikan service kami hingga mereka masih tetap ada untuk beberapa orang untuk ekspresikan diri dan atur perlakuan dengan aman dan aman.”

Akses Facebook, Twitter, Instagram di block oleh Rusia

Cara itu dilaksanakan saat Rusia di hari Jumat menetapkan undang-undang yang mengkriminalisasi penebaran yang tersengaja atas sesuatu yang dipandang Moskow sebagai laporan “palsu”.

RUU itu, secara cepat dicap oleh ke-2 majelis parlemen yang dikontrol Kremlin dan diberi tanda tangan oleh Putin, jatuhkan hukuman penjara sampai 15 tahun untuk mereka yang menebarkan info yang berlawanan dengan cerita pemerintahan Rusia mengenai perang.

Sebagai respon, beberapa toko menjelaskan mereka akan hentikan sementara tugas mereka dalam Rusia untuk menilai keadaan.

Dari mereka, CNN menjelaskan akan hentikan tayangan di Rusia sementara Bloomberg dan BBC menjelaskan mereka akan membatalkan sementara tugas wartawan mereka di situ.

Rusia meluaskan usaha untuk mengatur penebaran info mengenai agresi ke Ukraina dan untuk menantang sumber informasi mandiri.

Ini ikuti penutupan yang diterapkan awalnya di hari Jumat di BBC, Voice of America yang didanai pemerintahan AS dan Radio Free Europe/Radio Liberty, penyiar Jerman Deutsche Welle dan website Meduza yang berbasiskan di Latvia.

Meta menjelaskan di hari Jumat jika mereka memblok RT dan Sputnik di Inggris sebagai balasan terhadap rusia.

Itu ikuti keinginan dari sekretaris budaya, Nadine Dorries, dalam surat satu hari awalnya ke TikTok, Twitter, dan Meta. Meta sudah memblok organisasi informasi di semua UE.

“Awalnya minggu ini, kami umumkan jika kami akan batasi akses ke RT dan Sputnik di semua UE.

Stabil dengan perlakuan itu, dan sesudah keinginan dari pemerintahan Inggris, kami akan batasi akses ke RT dan Sputnik di Inggris sekarang ini,” kata jubir Meta.

Meta umumkan di hari Senin jika mereka sudah hapus jaringan disinformasi yang menarget beberapa orang di Ukraina, yang terbagi dalam sekitaran 40 account, halaman, dan group di Facebook dan Instagram.

Dalam sebuah posting website, Nathaniel Gleicher dan David Agranovich, masing-masing kepala peraturan keamanan dan direktur masalah teror Meta, menjelaskan jika jaringan itu digerakkan dari Rusia dan Ukraina.

“Mereka dioperasionalkan dari Rusia dan Ukraina dan menarget beberapa orang di Ukraina di beberapa basis sosial media dan lewat website situs mereka sendiri.

Kami hentikan operasi ini, memblok domain mereka supaya tidak dibagi di basis kami, dan share info dengan basis tehnologi, periset, dan pemerintahan yang lain,” kata mereka.