Begini Ongkos KB Spiral, Yang mana Dijamin BPJS?

Begini Ongkos KB Spiral, Yang mana Dijamin BPJS?

Beritaburung – Terdapat beberapa pilihan alat kontrasepsi, satu diantaranya KB Spiral. Karena itu, penting untuk kita ketahui faedah, resiko, sampai ongkos KB spiral secara umum di pasar.

Alat kontrasepsi KB spiral ini kerap dikatakan sebagai intrauterine piranti (IUD). Langkah penempatan KB spiral yang biasanya dengan bahan dasar plastik seperti huruf T dengan ditempatkan ke kandungan.

Seperti peranan alat kontrasepsi yang lain, KB spiral berperan untuk menahan sperma membuahi sel telur hingga kehamilan tidak pernah terjadi.

Tetapi, saat sebelum putuskan memakai KB spiral, kamu harus ketahui faedah dan resiko alat kontrasepsi satu ini. Disamping itu, yang terpenting ialah ketahui ongkosnya di keterangan di bawah ini.

Perkiraan ongkos KB spiral 2022
Saat ini, sebagian besar rumah sakit sediakan service untuk penempatan dan pelepasan KB spiral. Untuk ongkos alat kontrasepsi ini bervariatif bergantung klinik atau rumah sakit yang kamu kunjungi.

Dikutip Alodokter, untuk rumah sakit di Jakarta, ongkos pasang KB spiral dimulai dari harga Rp126 ribu sampai Rp850 ribu. Berikut daftar ongkos pasang spiral KB di rumah sakit di Jakarta dari yang paling murah sampai paling mahal.

Rumah sakit

Ongkos pasang KB spiral
Rumah Sakit PELNI
Rp126.000

Rumah Sakit Yadika Kebayoran Lama

Rp145.530
Klinik Angsamerah Menteng
Rp180.000

RS Anggrek Mas

Rp226.000
Bintaro Women and Children Clinic Jagakarsa
Rp229.600

Rumah Sakit Tebet

Rp286.000
Rumah Sakit Siloam TB Simatupang
Rp289.000

RS Wangi Sisma Medika

Rp330.000
BIC Clinic Pacific Place
Rp450.000

RSIA Ibnu Sina Grogol

Rp485.000
Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk
Rp529.000

RS Islam Jakarta Pondok Kopi

Rp568.000
MRCCC Siloam Hospital Semanggi
Rp750.000

RSIA Bunda Jakarta

Rp850.000

Bila ingin memperoleh harga yang tambah murah, kamu dapat ke Puskesmas dan bayar dengan range harga Rp60 ribu saja.

Jika kamu punyai pertanyaan berkaitan pengendalian dana simpanan untuk jamin keuangan di masa datang, tanyakan saja ke pakarnya di Bertanya Lifepal.

KB spiral

Ongkos KB spiral di bidan
Sama seperti seperti pada rumah sakit, ongkos terlepas KB spiral di bidan dan memasangkannya bermacam. Dikutip situs Harga, range ongkos KB spiral di bidan ialah sekitaran Rp275.000 – Rp500.000.

Ketidaksamaan tidak cuma ada pada ongkos pasanganya, tetapi juga akan tergantung pada tipe dan merk KB IUD yang kamu tentukan.

Supaya tidak salah tentukan, kenali dahulu beberapa jenisnya melalui keterangan seterusnya di bawah ini.

Tipe KB spiral
Pada umumnya, KB spiral terdiri ke dua tipe, yaitu hormonal dan nonhormonal. Dari 2 opsi tipe KB spiral, kamu dapat pilih sesuai keadaan badanmu. Berikut bedanya.

1. KB spiral hormonal
KB spiral hormonal ini diperlengkapi dengan hormon progestin. Hormon ini ibarat hormon progesteron yang dibuat dengan alami oleh badan untuk menahan kehamilan. Tipe KB ini akan bekerja dengan 2 langkah.

Hormon progestrin akan membuat cairan di leher kandungan mengental yang membuat sperma terjebak dalam cairan itu. Ini membuat sperma tidak dapat membuahi sel telur.
Hormon progestin menahan berlangsungnya ovulasi, hingga tidak ada telur yang dapat dibuahi oleh sperma.
2. KB spiral nonhormonal
KB spiral ini diperlengkapi dengan susunan tembaga yang berperan menahan kehamilan. Langkah kerjanya yaitu, susunan tembaga akan melepas ion-ion tembaga yang mempunyai dampak lemahkan untuk sperma.

Tembaga ini mengakibatkan kandungan keluarkan beberapa sel darah putuh yang membuat sperma tidak dapat bergerak.

KB spiral tipe ini dipandang efisien untuk menahan kehamilan dalam periode waktu 120 hari sesudah lakukan jalinan suami istri. Kesuksesan menahan kehamilan capai 99 %.

Penyiapan sebelum proses dilaksanakan
Ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan saat sebelum putuskan memasangkan KB spiral sebagai opsi alat kontrasepsimu. Berikut sejumlah proses yang harus kamu kenali saat sebelum memasangkan KB spiral.

1. Penyiapan
Kamu tidak perlu takut, karena, saat sebelum dimasukkan KB ke kandungan, dokter akan memberikanmu obat penurun ngilu, seperti ibuprofen beberapa saat saat sebelum perlakuan penempatan.

Dengan obat ini, akan kurangi rasa ngilu atau rasa tidak nyaman saat penempatan KB spiral. Proses penempatan KB spiral ini sekitaran 15-20 menit. Kamu bisa juga bawa pembalut sendiri dari rumah untuk memperhitungkan pendarahan saat penempatan KB spiral.

Dokter akan pastikan beberapa hal berikut saat sebelum memasangkan kb spiral. Apa sajakah?

Dokter lakukan test kehamilan
Dokter sudah pasti akan lakukan test kehamilan untuk pastikan jika kamu tidak sedang hamil. Seterusnya, dokter akan lakukan pengecekan bimanual dengan masukkan dua jemari ke miss v dan tempatkan satu tangan di atas perut untuk ketahui status, ukuran, dan gerakan kandungan.

Memantapkan dan menghitung aliran kandungan
tahap selanjutnya, dokter akan buka lebar miss v dengan alat yang disebutkan spekulum. Saat sebelum memasangkan KB spiral, miss v akan dibikin bersih dengan larutan antiseptik untuk menahan infeksi. Proses seterusnya yaitu menyuntikkan anestesi lokal di leher kandungan supaya rasa ngilu menyusut.

Kemudian, akan ditempatkan alat steril uterine sound yang dimasukkan untuk menghitung kedalaman leher kandungan. Jika leher kandungan panjangnya kurang dari 6 cm, karena itu penempatan KB spiral tidak dapat dilaksanakan.

2. Penempatan KB spiral
Bila kedalaman kandungan telah cocok, yaitu di antara 6-9 cm, karena itu dokter akan mempersiapkan KB spiral yang dibengkokan pada bagian lehernya. KB spiral akan dimasukkan ke inserter khusus berbentuk tabung yang dimasukkan melalui miss v.

Penempatan KB spiral umumnya cepat dan tidak menyakitkan, tetapi, umumnya kamu akan rasakan efek-efeknya, seperti muntah sampai tidak sadarkan diri.

Umumnya, wanita yang rasakan dampak ini karena tidak pernah hamil, atau sempat hamil sekali, atau karena jarak kehamilan dengan penempatan KB spiral lumayan lama.

3. Penempatan KB spiral sukses
Sesudah penempatan sukses, tabung, tenaculum, sampai spekulum harus dikeluarkan dari miss v.

KB spiral masih tetap berada di dalam kandungan yang telah diperlengkapi benang tipis dan didiamkan bergelantungan dari leher kandungan sampai miss v. Pastikanlah kamu tahu merk KB spiral yang kamu pakai, ya.

Saat penempatan, seharusnya meminta suami atau keluarga untuk menemani.

Karena, tidak seluruhnya wanita nyaman sesudah memasangkan KB spiral. Kamu tidak perlu cemas bila alami merasa sakit atau tidak nyaman, karena umumnya merasa sakit ini memiliki sifat sebentar.

Tetapi, bila rasa sakitnya terus-terusan terjadi, seharusnya kamu kembali lagi ke dokter untuk lakukan pengujian selanjutnya.

Segi positif dan negatif KB spiral
Walau di-claim dapat menahan kehamilan sampai 99 %, KB spiral masih tetap mempunyai segi positif dan segi negatif. Berikut segi positif dan negatif yang harus kamu kenali.

Segi positif KB spiral
1. Kb spiral berlapis tembaga

Dapat digunakan sebagai alat kontrasepsi genting bila terpasang dalam kurun waktu lima hari sesudah hubungan seksual tanpa alat pengaman.
Dapat dilepaskan kapan pun kamu ingin.
Waktu subur dapat kembali secara cepat sesudah KB spiral dilepaskan.
KB spiral dengan lapis tembaga tidak mengakibatkan efek.
2. KB spiral berlapis hormon

Kurangi ngilu haid karena endometriosis.
Kurangi resiko terserang kanker endometrium dan kanker serviks.
Dapat dilepaskan kapan pun.
Sesudah dilepaskan, kesuburan dapat kembali secara cepat.
Pendarahan menstruasi dapat menyusut.
Tidak mengakibatkan berat badan yang berlebih.
Segi negatif KB spiral
Mahalnya ongkos penempatan KB spiral.
Untuk melepaskannya harus berobat ke dokter, tidak dapat melepaskan sendiri.
KB spiral tidak diperlengkapi dengan alat perlindungan yang dapat terhindar dari penyakit menyebar seksual.
Ada peluang terserang kista ovarium bila memakai KB spiral hormon.
Salah satunya efek memakai KB spiral hormon yaitu memunculkan jerawat, sakit di kepala, perubahaan suasana hati, dan ngilu payudara.
Kekurangan lain bila memakai alat kontrasepsi ini, tidak seluruhnya wanita dapat menggunakannya. Karena, KB spiral tembaga tidak dapat digunakan oleh seorang dengan keadaan ini.

  • Penyakit radang panggul
  • Kanker serviks
  • Kanker payudara
  • Abnormalitas pada kandungan
  • Pendarahan miss V tanpa ada alasan yang terang
  • Pernah mempunyai permasalahan saat memakai KB spiral.
  • Resiko penempatan
  • Tidak selamanya aman, ada pula efek atau resiko penggunaan alat kontrasepsi ini setiap badan wanita. Berikut efek yang kemungkinan muncul sesudah memasangkannya.

1. Rasa ngilu
Beberapa wanita akan alami ngilu punggung dan kram seperti saat haid beberapa saat sesudah penempatan KB spiral.

Dalam waktu 3-6 bulan pascapemasangan KB spiral, umumnya menstruasi akan jadi lebih ngilu dibandingkan umumnya.

2. Masalah menstruasi
KB spiral dengan susunan tembaga dapat tingkatkan pendarahan menstruasi atau ngilu haid.

Menstruasi kemungkinan semakin lebih banyak dibandingkan umumnya atau mungkin saja terjadi pemanjangan atau pemendekan transisi menstruasi.

3. Kandungan berlubang
Efek ini cuma terjadi pada 1 dari 1.000 wanita. KB spiral terjerat dalam dan menyerang kandungan hingga terjadi kebocoran pada kandungan.

4. Spiral terlepas
Efek lain yaitu lepasnya spiral dari kandungan. Ini umumnya terjadi dalam beberapa waktu pemakaian KB Spiral. KB spiral dapat terlepas karena melahirkan atau sedang menstruasi.

5. Radang panggul
Efek berat yang dapat terjadi yaitu terserang radang panggul. Ini dapat terjadi bila penempatan KB spiral kurang memerhatikan kebersihan alat dan terjadi pada wanita yang bergonta-ganti pasangan.

6. Kista
KB spiral bisa juga mengakibatkan kista ovarium, tetapi umumnya kista ini dapat lenyap sendiri.

Penempatan KB Spiral dijamin BPJS
Berita baiknya, kamu bisa juga memasangkan KB spiral dengan gratis dengan memakai BPJS Kesehatan, lho! Karena, BPJS Kesehatan telah menambah penempatan KB ke servicenya.

Ketentuan presiden No. 19 Tahun 2016 yang telah dikerjakan semenjak 1 April 2016 mengatakan jika servis KB atau penempatan kontrasepsi KB untuk peserta BPJS sekarang gratis dan peserta tidak perlu bayar peralatan alat kontrasepsi.

Beberapa macam service KB yang dijamin BPJS, yaitu:

  • Tubektomi dan vasektomi. Perlakuan tubektomi yaitu lakukan pemangkasan pada aliran indung telur, hingga telur tidak dapat sampai ke kandungan. Dan vasektomi yaitu pemangkasan aliran sperma pada pria.
  • Penempatan alat kontrasepsi dan diskusi. Alat KB yang dijamin BPJS yaitu penempatan KB Spiral Nova T atau coper T.
  • Penempatan dan pelepasan KB spiral.
  • Suntik KB. Untuk suntik KB yang dijamin BPJS yaitu suntik tiga bulan sekali, dan untuk periode waktu sebulan memakai ongkos sendiri.
  • Keutamaan punyai asuransi kesehatan
  • Walau sekarang ongkos KB spiral telah dijamin BPJS Kesehatan, tetapi tidak ada kelirunya kamu mempunyai asuransi kesehatan swasta. Karena, masih tetap ada beberapa service yang belum dapat dijamin BPJS.

Karena ada faedah asuransi kesehatan, kamu tidak perlu cemas pikirkan ongkos penyembuhan ketika berada anggota keluargamu yang sakit.

Masalahnya beberapa faedah asuransi kesehatan mencakup ongkos rawat inap, rawat jalan, pembandinghan, dan medical check-up. Faedah tambahannya, kamu dapat memakainya untuk melahirkan, perawatan gigi, dan mata.

Salah satunya hal yang membuat asuransi kesehatan penting yaitu ada imbas inflasi ongkos rumah sakit. Ini mengisyaratkan jika ongkos rawat inap akan naik terus bersamaan naiknya inflasi itu.

Mempunyai asuransi kesehatan bisa juga menolong putaran uang kamu masih tetap konstan, karena dana tabungan, investasi, dan asset yang lain tidak terusik jika kita sakit.

Panduan dari Lifepal! Terdapat beberapa pilihan alat kontrasepsi, satu diantaranya KB Spiral. Alat kontrasepsi KB spiral ini kerap dikatakan sebagai intrauterine piranti (IUD) berbahan dasar plastik seperti huruf T yang ditempatkan ke kandungan.

Seperti peranan alat kontrasepsi yang lain, KB spiral berperan untuk menahan sperma membuahi sel telur hingga kehamilan tidak pernah terjadi. Berita baiknya, kamu bisa juga memasangkan KB spiral dengan gratis dengan memakai BPJS Kesehatan.