Link Registrasi PPG Prajabatan 2022 Gelombang 2 dan Persyaratan dan Ongkosnya

Link Registrasi PPG Prajabatan 2022 Gelombang 2 dan Persyaratan dan Ongkosnya

Beritaburung – Proses registrasi penyeleksian program Pengajaran Karier Guru Prajabatan atau PPG Prajabatan 2022 gelombang 2 mulai dibuka di hari Jum’at (26/8/2022), seperti dipublikasikan melalui account Instagram @ppgkemendikbud.

Pada PPG Prajabatan 2022 gelombang 2, minimal ada 18 sektor study yang dibuka, diantaranya mencakup bahasa Indonesia, bahasa Inggris, biologi, ekonomi, Fisika, IPA, IPS, Tuntunan Konseling, Seni Budaya, Geografi, Riwayat, Sosiologi, dan lain-lain.

Sama seperti gelombang 1, PPG Prajabatan 2022 gelombang 2 ada tiga serangkaian penyeleksian, yaitu test administrasi, test substantif, dan test interviu. Tiap calon peserta yang daftar, harus ikuti ke-3 serangkaian penyeleksian itu.

Dalam pada itu, untuk registrasi PPG Prajabatan 2022 gelombang 2, calon peserta dapat terhubung website “ppg.kemdikbud.go.id”. Jika akan mendaftarkan, sebaiknya pahami dahulu persyaratan yang diperlukan.

Registrasi PPG

Adapun persyaratan registrasi PPG Prajabatan 2022 gelombang 2 ialah seperti berikut, seperti dikutip account Instagram @ppgkemendikbud.

  • Persyaratan registrasi PPG Prajabatan 2022 gelombang 2
  • Masyarakat Negara Indonesia (WNI)
  • Tidak atau memang belum pernah tercatat sebagai Guru/Kepala Sekolah pada Data Dasar Pengajaran (Dapodik)

Berumur tertinggi 32 (tiga puluh dua) tahun pada 31 Desember tahun registrasi

Mempunyai ijazah dengan kwalifikasi akademis sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) yang tercatat pada Pangkalan Data Pengajaran Tinggi (PD-Dikti) atau terdata pada pangkalan unit data unit Penyamaan Ijazah Luar Negeri untuk alumnus perguruan tinggi di luar negeri

Mempunyai index prestasi kumulatif (IPK) terendah 3,00

Mempunyai surat info sehat rohani dan jasmani (diberikan di saat melapor diri)

Mempunyai surat info berkepribadian baik (diberikan di saat melapor diri)

Mempunyai surat info bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif yang lain (NAPZA) (diberikan di saat melapor diri)

Tanda-tangani kesepakatan kredibilitas

Ikuti tingkatan penyeleksian yakni penyeleksian administrasi, test substantif, dan test interviu

Sesudah pahami persyaratan di atas, berikut cara mendaftar PPG Prajabatan 2022 gelombang 2 secara online lewat “ppg.kemdikbud.go.id”.

Cara mendaftar PPG Prajabatan 2022 gelombang 2

Datangi link registrasi PPG Prajabatan 2022 ini https://ppg.kemdikbud.go.id/
Tentukan menu “Daftar PPG Prajabatan”.

Seterusnya, calon peserta membuat account program SIMPKB dahulu. Untuk membikin account, masukan alamat e-mail aktif, NIK, nama komplet, dan sandi. Data itu akan diverifikasi dan account sukses dibikin.

Lalu, login pada program SIMPKB dengan memakai username dan sandi yang sudah dibikin awalnya.

Selanjutnya, isi data registrasi secara benar, seperti data diri, kisah hidup, essay, dan yang lain.

Sesudah semua data administrasi dipastikan benar, peserta bisa membayar untuk ikuti test substantif.

Kemudian, cetak kartu test substantif lewat program SIMPKB.

Selanjutnya, peserta ikuti test substantif.

Informasi hasil test substantif bisa disaksikan di program SIMPKB.

Sesudah bisa lolos test substantif, pendaftar akan ikuti test interviu.

Hasil test interviu bisa disaksikan di program SIMPKB juga.

Peserta yang bisa lolos test interviu akan diolah untuk peletakan ke Perguruan Tinggi sesuai sektor study yang diputuskan.

Peserta memverifikasi kesediaan ikuti PPG Prajabatan di Perguruan Tinggi yang ditetapkan pada program SIMPKB sesuai agenda.

Direktorat Jenderal GTK akan memutuskan peserta sebagai mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2022 sama sesuai paket nasional sektor study yang dibuka.

Keterangan tata cara mendaftar PPG Prajabatan 2022 gelombang 2 yang lebih komplet dapat dijangkau lewat link ini. Dalam pada itu, untuk keterangan berkenaan ongkos PPG Prajabatan 2022 gelombang 2 sendiri, silahkan baca berikut ini.

Ongkos PPG Prajabatan 2022 gelombang 2

Ongkos registrasi PPG Prajabatan 2022 gelombang 2 ialah sejumlah Rp 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) yang dijamin oleh peserta.
Peserta yang dipastikan bisa lolos penyeleksian dan diputuskan sebagai mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2022 akan mendapat beasiswa berbentuk ongkos pengajaran sejumlah Rp. 17.000.000,00 (tujuh belas juta rupiah) untuk ikuti perkuliahan sepanjang 2 semester.

Demikian info sekitar registrasi PPG Prajabatan 2022 gelombang 2 yang dibuka mulai 26 Agustus 2022, komplet dan persyaratan dan ongkosnya, mudah-mudahan berguna.