5 Striker dengan Gol Paling banyak dalam Riwayat Manchester City

5 Striker dengan Gol Paling banyak dalam Riwayat Manchester City

Beritaburung.id – Status Manchester City sebagai club kelas atas di English Premier League (EPL) memang tidak terpungkiri. Telah banyak penghargaan yang dicapai club yang bertempat di Etihad Fase ini. Mereka sukses finish di rangking paling atas klassemen akhir EPL musim 2021/2022 kemarin.

Dalam sejarahnya, Manchester City pernah mempunyai deretan striker hebat yang ikut peran dalam keberhasilan City. Berikut akan diulas lima striker dengan catatan gol paling banyak dalam riwayat Manchester City.

1. Sergio Aguero (260 gol)

 Sergio Aquero

Sergio Aguero ialah pemain dari Argentina sebagai pembuat gol paling banyak dalam perincian ini. Sepanjang sepuluh tahun meniti karier bersama Manchester City, minimal 260 gol dan 73 assist sudah dicetak striker berumur 34 tahun ini.

Aguero juga sempat beralih ke club raksasa Spanyol, Barcelona, pada 1 Juli 2021, tetapi tidak tahan lama karena si pemain alami permasalahan jantung. Profesi Aguero juga usai sesudah dia menggantung sepatu pada 15 Desember 2021 karena permasalahan jantung yang dia penderitaan.

2. Gabriel Jesus (95 gol)

Gabriel Jesus
Seterusnya, ada pemain dari Brasil namanya Gabriel Jesus. Pria berumur 25 tahun ini sekarang bela club Premier League lain, Arsenal. Gabriel sendiri baru tinggalkan Manchester City pada 4 Juli 2022 kemarin.

Aksi pemain dengan 56 caps dan 19 gol bersama Tim nasional Brasil ini di Arsenal dapat disebut cukup cemerlang. Bagaimana tidak, dia sukses mencatatkan 95 gol dan 46 assist di dalam 236 laga di semua gelaran bersama Manchester City.

3. Shaun Goater (81 gol)

Shaun Goater
Shaun Goater mempunyai background yang lumayan menarik. Pemain yang sekarang sudah berumur 52 tahun ini sebenarnya sebagai lulusan sekolah tinggi Manchester United. Walau begitu, Shaun sukses dibajak oleh pesaing kekal United, Manchester City, sebagai club terlama yang diperkokoh Shaun.

Shaun sendiri bermain untuk Manchester City sepanjang lima tahun (1998–2003). Dalam waktu itu, striker bernegara Bermuda ini mencatatkan 81 gol dan 1 assist di dalam 161 laga bersama Manchester City.

4. Edin Dzeko (72 gol)

Edin Dzeko

Edin Dzeko ialah pemain paling tua yang aktif dalam perincian ini dengan umur yang sudah memijak 36 tahun. Jauh sebelumnya, Pria dari Bosnia ini sempat jadi ujung tombak MC  pada 2011 sampai 2015.

Ketajaman Dzeko sebagai seorang striker telah bisa dibuktikan dengan 72 gol plus 38 assist yang sudah dia bukukan di dalam 189 laga bersama MaC . Dzeko pantas dihargai karena mampu tampil bersaing di Serie A Italia bersama Inter Milan di umur yang tidak muda.

5. Niall Quinn (60 gol)

Manchester City

Niall Quinn sebagai pria dari Irlandia yang telah menggantung sepatu semenjak 2002 lalu. Pria berumur 56 tahun ini jadi unggulan di baris serang Tim nasional Irlandia pada periodenya. Hal tersebut bisa dibuktikan dari 91 caps dan 21 gol Niall bersama Tim nasional Irlandia.

Di tingkat club, Niall pernah beraksi bersama MC . Dia habiskan enam tahun mengenakan seragam City (1990–1996) dan mencatat 60 gol dan 18 assist di dalam 202 laga. Disamping itu, Niall sempat juga bermain untuk club Inggris lain, yaitu Sunderland dan Arsenal.

Sergio Aguero dapat disebut yang paling sukses dalam perincian ini bila menyaksikan bantuan golnya untuk Manchester City. Koleksi gol Gabriel Jesus sebagai kompetitor paling dekatnya mempunyai jarak lumayan jauh dengan punya Aguero. Kelihatannya, nama Aguero akan bertahan di dalam pucuk untuk saat yang lumayan lama.