5 Peralatan yang Perlu Dipersiapkan oleh Content Creator Pemula

5 Peralatan yang Perlu Dipersiapkan oleh Content Creator Pemula

Siap hasilkan konten menarik dan berkualitas

Bagi kamu yang berniat untuk memulai pekerjaan sebagai content creator, berikut adalah lima peralatan yang perlu dipersiapkan. Baca dulu sebagai persiapan, ya!

1. Kamera

5 Peralatan yang Perlu Dipersiapkan oleh Content Creator Pemula

Peralatan pertama yang wajib kamu miliki adalah kamera. Kamera adalah hal utama yang perlu dipersiapkan karena berfungsi untuk merekam video atau foto dalam proses pembuatan konten.

Kamu bisa membeli kamera berkualitas jika dana memadai. Namun jika dana belum tersedia, kamu bisa menggunakan kamera handphone.

Sebenarnya menggunakan handphone lebih disarankan bagi kreator pemula. Selain kamu tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli kamera, kamu bisa menggunakan handphone sekaligus untuk mengedit video.

2.Peralatan Mikrofon

5 Peralatan yang Perlu Dipersiapkan oleh Content Creator PemulaPeralatan selanjutnya yang sebaiknya kamu persiapkan adalah mikrofon. Mikrofon menjadi alat penting yang harus dipersiapkan calon content creator karena dapat mempengaruhi kualitas suara pada kontenmu.

Penggunaan mikrofon bertujuan untuk menangkap suara dengan lebih jelas dan detail, sehingga penonton dapat mendengar suara pada kontenmu dengan baik. Mikrofon berkualitas dapat membantu mengurangi kebisingan pada latar belakang. Diharapkan dapat menghasilkan suara yang lebih bersih dan profesional.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Laptop untuk Content Creator Pemula

3. Lampu fotografi

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 7 Platform AI Terbaik untuk Desain Grafis, Apa Saja?
  • 3 Cara Melihat Kata Sandi Email yang Lupa, Pakai HP dan Laptop
  • Mengenal Ransomware, Kejahatan Siber yang Bisa Lumpuhkan Sistem!
5 Peralatan yang Perlu Dipersiapkan oleh Content Creator PemulaKualitas gambar dan video pada kontenmu adalah hal penting yang dapat mempengaruhi kualitas konten secara keseluruhan. Sebagai content creator, kamu akan membutuhkan lampu fotografi untuk membantumu memproduksi foto atau video dengan kualitas pencahayaan yang baik.

Ada beberapa jenis lampu fotografi yang dapat kamu pergunakan sesuai dengan kebutuhan diantaranya ring light, softbox dan LED panel. Kamu bisa mempersiapkanya sesuai jenis konten yang akan dibuat, ya!

4. Tripod

5 Peralatan yang Perlu Dipersiapkan oleh Content Creator Pemula

Bagi konten kreator pemula, tripod sangat dibutuhkan untuk pengambilan gambar dan video dari sudut yang sulit dijangkau dengan tangan. Tripod juga membantu mengurangi goyangan dan getaran saat pengambilan foto maupun video sehingga hasilnya akan nampak lebih stabil.

Pastikan kamu membeli tripod yang berkualitas dan pas ketika dipasang pada handphone atau kameramu. Awas, tripod yang tidak pas dapat merusak gadget-mu, lho!

5. Background

5 Peralatan yang Perlu Dipersiapkan oleh Content Creator Pemula

Sebenernya untuk masalah background ini bisa disesuaikan dengan jenis konten yang akan dibuat. Tidak semua jenis konten membutuhkan background khusus. Namun ada beberapa konten kreator yang merasa kurang percaya diri membuat konten dikarenakan kondisi rumah yang tidak memadai.

Jika kamu merasa membutuhkan background yang lebih estetik, maka kamu dapat mempersiapkan background untuk membuat videomu lebih rapi. Kamu bisa menggunakan kain polos dengan warna sesuai pilihanmu sebagai background video kontenmu.

Lima jenis peralatan yang sebaiknya kamu persiapkan jika ingin menjadi konten kreator. Tak harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk memilikinya, sesuaikan saja dengan anggaran dana yang kamu miliki. Siap hasilkan konten berkualitas?