7 Kegunaan Konsumsi Akar Teratai buat Kesehatan

7 Kegunaan Konsumsi Akar Teratai buat Kesehatan

7 Kegunaan Konsumsi Akar Teratai buat Kesehatan Teratai salah satunya tanaman air yang umum jadikan tanaman khias. Disamping bunganya yang elok diliat, akar dari teratai (lotus root) nyatanya aman disantap dan berguna buat kesehatan.

Kandungan akar teratai

Teratai yang miliki nama latin Nelumbo nucifera yaitu tanaman khias yang tumbuh di air. Nyaris semua sisi tanaman ini, dimulai dari bunga sampai akarnya dapat dimakan atau diproses menjadi obat herbal. mempunyai kandungan yang nutrisi yang berguna untuk mendukung kegunaan badan. Di bawah ini daftar kandungan nutrisi dalam lotus root rebus.

Kalori: 40 kkal.
Protein: 1 gr (g).
Karbohidrat: 9,6 g.
Natrium: 27 miligram (mg).
Kalium: 218 mg.
Folat: 8 mikrogram (mcg).
Vitamin C: 16,4 mg.
Vitamin B: 0,2 mg.

Orang Asia biasa produksi dengan langkah direbus, ditumis, atau dimasak. Lantaran kandungan berfaedah yang dipunyainya, akar teratai kerapkali diperlukan selaku obat herbal. Berikut jejeran kemampuan manfaat lotus root, sejumlah salah satunya dijumpai dari riset.

1. Memperhatikan kesehatan jantung

Kandungan 218 mg kalium pada 60 g teratai rebus rupanya dapat mempertahankan kesehatan jantung. Jumlah ini penuhi 5 – 10% dari kepentingan kalium harian orang dewasa. Mendapat kepentingan kalium dari konsumsi, nyatanya menolong menyelesaikan tekanan darah tinggi. Disamping itu, kandungan folat serta vitamin C dalam  penting buat menahan penyakit jantung.

2. Lancarkan pencernaan

Buat Anda yang sering alami sembelit atau sulit BAB, Anda dapat coba memakai akar teratai. Serat tidak terlarut dalam lotus root menolong menghaluskan feses. Dengan demikian, feses lebih ringan melalui aliran pencernaan dan keluar lewat anus. Nach, 60 gr  yang diolah memiliki kandungan seputar 2 gr serat. Jumlah ini dapat menolong memenuhi keperluan serat harian Anda.

3. Kurangi akibat negatif cacat lahir

Kegunaan yang lain rupanya dapat menolong kurangi dampak negatif cacat lahir. Masalahnya lotus root memiliki kandungan vitamin B9 atau folat yang terpenting untuk memperhatikan kesehatan serta kemajuan janin. Orang dewasa berumur subur dianjurkan buat penuhi kepentingan harian folatnya. Soal ini memiliki tujuan menahan cacat bawaan yang beresiko, seperti cacat tabung saraf.

4. Memperhatikan kesehatan hati

Mengambil study yang termuat di Bioscience, Biotechnology, and Biochemistry, bubuk  dapat menghindari penyakit perlemakan hati.
Study yang tengah dilakukan pada tikus kegemukan ini menunjukkan kalau bisa menekan gestur gen pembengkakan yang berkaitan di keadaan itu. Perihal ini dapat menambah takaran adiponektin serum, yaitu zat yang buat perlindungan organ hati. Walaupun demikian, diperlukan pengamatan kepada manusia buat lihat kegunaan lotus root kepada hati.

5. Mengawasi bobot badan masih sehat

Suatu pengamatan pada tikus pula menunjukkan konsentrat bisa kurangi massa jaringan lemak. Juga, sisi dari bunga serta daun teratai ini punyai effect antiobestias pada sel manusia. Faedah ini diduga dapat menghambat penumpukan lipid dalam sel dan turunkan takaran cholesterol darah. Maknanya, konsentra sangatlah mungkin kurangi dampak negatif kegemukan.

6. Menolong menyelesaikan tukak lambung

Kegunaan akar teratai buat asam lambung udah diperiksa di tikus. Study memperlihatkan jika akar teratai yang sudah difermentasi bisa buat perlindungan lambung dari tukak lambung. miliki karakter anti-oksidan dan anti-inflamasi yang menolong buat perlindungan lambung dan memercepat rekondisi susunan mukosa lambung. Karena itu,  bisa memberinya effect gastroprotektif yang berfaedah buat kesehatan lambung. Biarpun hasil studi di tikus janjikan, dibutuhkan analisis seterusnya pada manusia. Ini mempunyai tujuan pastikan kegunaan serta dampak negatifnya untuk asam lambung lebih dalam.

7. Menghilangkan tanda-tanda alergi

Manfaat akar teratai untuk pengidap alergi udah jadi perhatian pada beberapa studi. Ada bukti jika bubuk akar teratai bisa menolong membantu tanda-tanda alergi serbuk bunga. Hasil studi pada tikus ini janjikan. Masalahnya study membuktikan dampak antiinflamasi yang menolong kurangi kemerahan dan kerontokan rambut selaku tanggapan kepada alergen. Meski begitu, dibutuhkan bertambah banyak riset di manusia untuk pastikan fungsi ini secara dalam.

Dampak akar teratai

Kendati jarang ada, sebagian orang dapat merasakan alergi kepada akar teratai. Bahkan juga, ada perkara orang anak wanita berumur enam tahun yang merasakan reaksi alergi selesai memakai akar teratai goreng. Selainnya alergi, ada banyak efek yang lain kemungkinan terjadi dari makan lotus root, antara lain:

berbau mulut,
demam,
diare, dan
problem liver.

Biarpun akar teratai tawarkan banyak sekali kegunaan untuk kesehatan, tanyakan sama dokter sebelumnya disantap selaku obat herbal. Metode konsumsi akar teratai banyak variasi bergantung di wujud olahannya. Anda dapat menggoreng, mengoseng, serta rebus akar teratai. Konsumsi akar teratai pada jumlah biasa seperti pada masakan Asia kebanyakan dikira aman.

 

BACA JUGA : 11 Variasi Bahan Tradisionil buat Obat Alami Batuk Kering dan Berdahak