Pahami 7 Fungsi Sehat Wijen untuk Badan

Pahami 7 Fungsi Sehat Wijen untuk Badan

Sehat wijen ialah biji kecil kaya minyak dari tanaman Sesamum indicum. acapkali jadi bahan tambahan pada makanan bagai menjadi penambah atau bumbu. Apa fungsi wijen untuk kesehatan? Berikut di bawah ini yaitu keterangan komplet berkaitan kandungan zat nutrisi serta faedah.

Kandungan zat nutrisi wijen

Tanaman kemungkinan asal dari Asia atau Afrika Timur. Orang Romawi kuno dahulu melumatkan biji dengan jintan menjadi olesan roti.

Wewangian dan rasa biji dikenali halus seperti kacang.tinggi protein serta kaya thiamin dan vitamin B6.

Fungsi wijen yang lain ialah minyak dipakai jadi minyak salad atau minyak goreng, mentega, sabun, beberapa obat, pelumas, serta bahan kosmetik.

Berdasar pada U.S. Department of Agriculture, 100 gr biji yang dikeringkan mempunyai formasi zat nutrisi berikut ini.

Air: 4,69 gr (g).
Energi: 573 kkal.
Protein 17,7 g.
Lemak: 49,7 g.
Abu: 4,45 g.
Karbohidrat: 23,4 g.
Serat: 11,8 g.
Gula: 0,3 g.
Kalsium (Ca): 975 miligram (mg).
Besi (Fe): 14,6 mg.

Magnesium (Mg): 351 mg.
Fosfor (P): 629 mg.
Kalium (K): 468 mg.
Natrium (Na): 11 mg.
Seng (Zn 7):,75 mg.
Tembaga (Cu): 4,08 mg.
Mangan (Mn): 2.46 mg.
Tiamin: 0,791 mg.

Riboflavin: 0,247 mg.
Niasin: 4,52 mg.
Asam pantotenat: 0,05 mg.
Vitamin B6: 0,79 mg.
Kolin: 25,6 mg.
Vitamin A: 9 Grup Internasional (SI).
Vitamin E: 0,25 mg.

pula miliki sebagian kecil kandungan beta karoten yang berfaedah buat mengontrol kegunaan mata serta folat untuk membenahi beberapa sel badan yang rusak. Dari kandungan zat gizinya ini,  dapat memberinya beberapa fungsi buat kesehatan badan. Biji  sudah dipakai dalam penyembuhan tradisionil sepanjang beberapa ribu tahun. Disamping sebagai obat,bisa membuat perlindungan badan dari penyakit jantung, diabetes, dan radang persendian.

Berikut ini merupakan beberapa fungsi yang ditemui berdasar pada study ilmiah.

1. Penuhi kepentingan serat

Tiga sendok makan (30 gr) biji yang tak dikupas miliki 3,5 gr serat . Maka, konsumsi dengan teratur bisa menolong cukupi konsumsi serat Anda. Serat pun mempunyai fungsi penting di dalam menyuport kesehatan pencernaan. Serat dapat lancarkan gerakan makanan dari lambung ke usus serta melunakkan feses.

Terkecuali itu, Scientific Report of the 2015 Dietary Guidelines Advisory Committee (2015) perlihatkan kalau serat bertindak saat kurangi resiko penyakit jantung, kanker, kegemukan, dan diabetes model 2. Kandungan serat dalam mempunyai faedah turunkan takaran cholesterol darah keseluruhan dengan turunkan low-density lipoprotein (LDL) atau cholesterol jahat. Di pengidap diabetes, serat bisa memerlambat peresapan gula yang menolong memeriksa persentase gula darah.

2. Bangun serta mengawasi fungi sel

Biji memiliki kandungan 5 gr protein per 3 sdk makan (30 gr). Jumlah ini dapat menolong penuhi kepentingan protein harian. Protein begitu penting untuk kesehatan Anda sebab menolong membentuk serta jalankan guna beberapa sel badan, mulai dengan otot sampai hormon.

Di lain sisi, biji kaya metionin serta sistein, dua asam amino yang tidak siap di beberapa type beberapa bijian yang lain. Asam amino sendiri sebagai molekul dasar penyusun protein. Untuk mengoptimalkan pencapaian protein dari biji, putuskan biji yang udah dikupas dan dipanggang.

3. Bikin sehat tulang

Biji  kaya zat-zat nutrisi, seperti kalsium, mangan, magnesium, serta seng, yang dibutuhkan oleh kesehatan tulang. Kandungan zat nutrisi itu pun berfungsi saat menghalang radikal bebas dan sel kanker. Faedah ini dapat diketemukan pada yang tak dikupas ataupun yang udah dikupas biarpun kalsium makin banyak diketemukan di kulitnya.

Tetapi, biji mempunyai kandungan senyawa alami yang disebutkan oksalat serta fitat, antinutrisi yang kurangi peresapan kalsium, mangan, serta magnesium. Buat batasi resiko senyawa ini, coba menyelup atau memanggang biji wijen.

4. Kurangi infeksi

Sebuah uraian dari The Scientific World Journal (2014) mendapatkan konsumsi biji dapat kurangi pembengkakan pada pasien penyakit ginjal.
Pada riset itu, pasien mengkonsumsi paduan 18 gr biji rami dengan 6 gr biji dan 6 gr labu tiap-tiap hari waktu tiga bulan.

Hasil study perlihatkan inflamasi pada ginjal menyusut sejumlah 51 – 79 prosen. Akan tetapi, efek antiradang biji wijen sendiri masih tidak tentu karena analisis ini mencoba gabungan beberapa biji. Walau begitu, sejumlah analisis pada hewan perihal minyak biji wijen pun memperlihatkan fungsi wijen sebagai antiradang. Senyawa dalam biji wijen dan minyaknya yang dikatakan sesamin jadi anti-oksidan kuat dan perlindungan saraf, maka bisa jadi agen penyembuhan radang.

5. Mengendalikan gula darah

Diabetic medicine: a journal of the British Diabetic Association (2019) temukan jika biji punyai kandungan rendah karbohidrat, tapi tinggi lemak serta protein sehat yang berguna buat mengendalikan gula darah. Terkecuali itu, punya kandungan pinoresinol, senyawa yang bisa menolong mengendalikan gula darah dengan membatasi kerja enzim pencernaan maltase.

Enzim pencernaan maltase bekerja memecahkan gula maltosa yang dipakai jadi pemanis untuk sejumlah produk makanan. Maltosa pula dibuat di usus Anda saat mengolah makanan bertepung seperti roti dan pasta.

6. Menahan kerusakan sel

Sejumlah analisis yang sedang dilakukan pada hewan dan manusia memberikan wijen bisa menambah kesibukan anti-oksidan (pencegah sel hancur) pada darah Anda. Study yang diluncurkan dalam ChemistryOpen (2018) memaparkan kandungan lignan dalam biji  berperan selaku anti-oksidan. Maknanya, zat ini bikin miliki faedah saat menentang depresi oksidatif atau reaksi kimia yang bisa menghancurkan beberapa sel Anda dan tingkatkan dampak negatif banyak penyakit parah.

Terkecuali itu, study dari Clinical cardiology (2015) mendapati mempunyai kandungan wujud vitamin E yang disebutkan gamma-tokoferol. Ini yaitu anti-oksidan yang memiliki potensi buat perlindungan badan dari penyakit jantung.

7. Menambah ketahanan badan

Wijen pula jadi sumber zat-zat nutrisi penting buat mekanisme kekuatan tubuh, termaksud seng, selenium, tembaga, zat besi, vitamin B6, dan vitamin E. Biji wijen menyiapkan seputar 20% dari 13 miligram keperluan seng harian dalam jumlah 3 sdm (30 gr). Badan Anda perlu seng untuk menumbuhkan serta aktifkan sel darah putih spesifik yang bisa mengenal dan menggempur mikroba beresiko.

Maka kekurangan konsumsi seng bisa mengusik kesibukan struktur ketahanan badan. Faedah wijen buat kesehatan cukup bermacam. Anda bisa memproses wijen selaku penambah makanan atau bumbu di masakan. Tetapi, yakini jumlah wijen yang Anda konsumsi tidak kelewatan, ya.