10 Makanan Ciri khas Kota Bandung yang Terkenal dan Wajib Dicoba!

10 Makanan Ciri khas Kota Bandung yang Terkenal dan Wajib Dicoba!

Ada ke Kota Bandung tidak komplet rasanya kalaupun belum mencicip makanan ciri khas. Kamu pastilah familier kan dengan jajan, seperti seblak, cuanki, siomay, maupun cilok? Nach, jajan itu memang menjadi makanan ciri khas Kota Bandung yang benar-benar disenangi dan ringan kamu temukan di street food tepi jalan. Cita-rasa makanan unik dengan keunikan bermacam kerap kali dicari-cari beberapa pelancong. Sembari datang objek liburan, kamu dapat sekali sekaligus mencicip rasa yang manis, asam, asin, renyah, dan pedas di makanan unik wilayah ini. Ada apakah saja, sich, kurang lebih makanan ciri khas itu? Masih baca artikel Cove berikut di bawah ini buat tahu makanan Kota Bandung bersama tempat belinya!

1. Seblak

Seblak

Layak masuk ke dalam daftar pertama, Seblak yaitu makanan ternama dari Kota Kembang, Kota Kota Bandung yang disukai nyaris semua warga lantaran rasa pedas serta gurih. Seblak yakni makanan ciri khas Sunda yang dari kata segak dan nyegak yang bermakna menusuk. Wewangian Seblak cukup menusuk karena memanfaatkan kencur menjadi bahan inti bumbunya. Bahan pokok dari Seblak yakni krupuk basah yang diolah bersama bumbu cabe, bawang putih, dan kencur yang digabung sedikit air. Akan tetapi, seiring berjalan waktu begitu banyak varian seblak yang bisa kamu temui, sampai ada yang dapat dikreasikan sesukamu, loh! Sekarang ini seblak mempunyai topping krupuk, telur, mie, bakso, sosis, sayur, ceker, tulang, sampai tetelan. Nach, kamu sendiri termaksud salah satunya pengagum seblak kan? Sebab datang, seblak menjadi satu diantaranya makanan ciri khas yang wajib kamu coba waktu bertandang.

2. Karedok

Karedok

Karedok bisa disebutkan menjadi kembaran dari Gado-gado, tenar pula sebagai salad ciri khas Sunda. Karedok adalah olahan sayur fresh yang tetap mentah serta diberi bumbu kacang. Ciri-ciri sayur fresh mentah itu sebagai pemilah di antara karedok serta gado-gado.Isian karedok sendiri terbagi atas, tauge, timun, kembang kol, kacang panjang, daun kemangi, serta terong. Makanan ciri khas Kota Bandung satu ini cukup dicari-cari lantaran kesegarannya itu. Ditambahkan, kamu dapat request tingkat kepedasan memanfaatkan jumlah cabe rawit yang diulek bersama dengan bumbu kacang. Nikmati karedok semakin komplet memakai tambahan krupuk, lontong, atau juga nasi. Rasa menjadi lebih renyah dan nikmat, dech!

3. Mie Kocok Kota Bandung

Mie Kocok Kota Bandung

Udara dingin Kota Bandung sangat serasi untuk melahap mie hangat, manalagi di musim penghujan seperti sekarang. Tidaklah aneh donk bila punyai makanan ciri khas Mie Kocok. Sajian satu ini mempunyai cita-rasa kaldu sapi yang unik. Mie Kocok sendiri adalah sajian mie kuning dengan iris-irisan kikil, tauge, bakso, jeruk nipis, seledri, daun bawang, dan bawang goreng. Paduan itu setelah itu disiram kuah kaldu sapi maka rasanya lebih rich dan creamy. Pastilah kamu ingin tahu kan mengapa disebut Mie Kocok? Nama itu diambil proses dari pengerjaan Mie Kocok. Di mana mie di rendam ke rebusan air lalu dikocak sampai masak. Bahkan juga, sejumlah penjual memanfaatkan alat mengolah tradisionil seperti baranya api dari arang supaya memperbanyak wewangian dan cita-rasa lebih autentik.

4. Surabi Kota Kota Bandung

Surabi Kota Kota Bandung

Surabi atau Serabi memang makanan ciri khas dari Kota Kota Bandung Indonesia. Terdapat banyak ragam Surabi seperti Surabi Kota Kota Bandung dan Serabi Solo. Ini kali, Cove dapat kasih kamu referensi Surabi Kota Bandung. Jajan unik Jawa Barat satu ini dibikin dari tepung beras, kelapa parut, serta santan. Wujud bundar dari Surabi bisa disebutkan serupa dengan pancake. Akan tetapi, tentu ada ciri-khas dari makanan satu ini. Surabi diolah memanfaatkan mangkok dari tanah liat serta tungku kayu bakar atau arang. Teknik masak tradisionil berikut yang membikin Surabi mempunyai cita-rasa unik serta wewangian yang mengunggah hasrat. Rasa Surabi tradisionil memakai kinca, yaitu paduan gula merah dan kelapa. Nach, seiring bersamanya waktu, ada macam rasa Surabi , dimulai dengan yang renyah hingga secara manis. Surabi renyah dengan topping telur, sedangkan surabi manis ada topping keju, coklat, strawberry, sampai durian.

5. Gehu Jeletot

Gehu Jeletot

Gehu Jeletot sebagai masakan tahu dengan cita-rasa pedas Kota Bandung. Tahu di Gehu Jeletot kebanyakan dikasihkan isian tauge serta cabe rawit. Tetapi, juga ada yang isikan Gehu Jeletot dengan sayur, seperti wortel, kol, dan cabe seperti gorengan bakwan. Juga, sekarang ini sudahlah banyak modifikasi Gehu dengan isian lebih bervariasi, akan tetapi originalnya Gehu masih memakai tauge serta cabe rawit ya! Rasa krispi di luar serta soft di dari Gehu buat kamu suka. Manalagi dimakannya dengan cabe rawit, kesan pedasnya itu yang biasanya dicari-cari beberapa orang. Gehu ini begitu sesuai kamu menjadikan snack di perjalanan.

6. Combro serta Misro

Combro serta Misro

Combro barangkali dapat kamu dapatkan di mana juga, tapi tahukah kamu bila asal mula Combro itu dari Kota Bandung? Yup, Combro alias oncom dijero sebagai makanan unik. Mirip namanya, combro ini berisi sambal oncom. Sementara adonan luar alias kulit combro datang dari parutan singkong yang dibikin bundar. Nach, bila Misro memang sering menjadi pasangan dari combro ini. Ke-2 nya seringkali dipertemukan walau rasanya berlainan Kota Bandung. Adonan luarnya, sich, sama gunakan parutan singkong yang dibuat bundar. Namun demikian, combro condong berasa pedas serta gurih, dan misro mempunyai cita-rasa manis. Ini karena misro punyai isi gula merah yang hendak menetes bila kamu gigit. Tapi, ke-2 nya pantas kamu membeli bersama ya!

7. Batagor

Batagor

Batagor alias Baso Tahu Goreng yaitu salah satunya gorengan unik yang sering menjadi target Kota Bandung. Sama dengan namanya, Batagor miliki bahan inti yaitu bakso serta tahu. Ke-2 nya di gabung jadi adonan lembut lalu ditempatkan di dalam kulit pangsit lalu dimasak sampai garing. Rasa batagor sendiri tentulah garing, renyah, dan gurih waktu dimakan. Batagor kerapkali disuguhkan bersama siomay bersama-sama bumbu kacang serta jeruk limau. Kesan pedas serta fresh itu yang membikin beberapa orang sukai dengan cita-rasa batagor.

8. Ulukutek Leunca

Ulukutek Leunca

Makanan ciri khas dengan penyebutan nama yang cukup sukar adalah Ulukutek Leunca. Kamu sudah dengar? Ulukutek Leunca yakni makanan yang dibuat dari gabungan oncom dengan buah leunca. Kebanyakan jadi makanan keseharian, Ulukutek Leunca ini miliki cita-rasa banyak, yaitu renyah, gurih, dan sedikit pahit serta pedas bersatu waktu kamu rileks Ulukutek Leunca. Seringkali menjadi menu harian, pasti Ulukutek Leunca paling sesuai disediakan bersama nasi dan oncom. Antiknya kembali, kandungan nutrisi di di dalam menu satu ini cukup komplet, loh! Ada vitamin, karbohidrat, serta senyawa yang lain diperlukan oleh badan. Ingin tahu mencicipinya?

9. Colenak

Colenak

Colenak, makanan Kota Bandung  yang udah terkenal lantaran jadi sisi riwayat dai Pertemuan Asia Afrika pada tahun 1955. Colenak sebagai ringkasan dari cocol nikmat, dibentuk dari tape (peyeum) yang dibakar dan dikasih cocolan gula merah serta parutan kelapa. Rasanya sudah pasti manis pas buat kamu cicipi jadi snack sore ataupun pagi hari.Nach, waktu ini rasa colenak tambah bermacam. Selainnya ada orisinal memakai gula merah dan parutan kelapa, juga ada colenak rasa nangka serta durian.

10. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom bermakna nasi yang ditumbuk bersama oncom. Nasi ini sangat enak disuguhkan saat masih hangat bersama dengan lauk pauk hobymu. Eit, mesti dipahami bila memakai Nasi Tutug Oncom memang seharusnya selekasnya mungkin. Karenanya jikalau Nasi Tutug Oncom dimakan esok harinya bakal ada senyawa yang mencelakakan badan. Bagaimana rasa dari Nasi Tutug Oncom? Karena yaitu gabungan, Nasi Tutug Oncom mempunyai rasa asin, renyah, dan pulen yang bisa memberikan hati lidah kamu. Ditambah lagi jika dikonsumsi bersama lauk seperti ayam serta ikan. Ingat, untuk memperbanyak kepuasan makan yakinkan dicocol sambal. Jika pengen mencoba, Nasi Tutug Oncom bisa secara mudah kamu dapatkan di dalam rumah makan ciri khas Sunda.

BACA JUGA :  10 Fungsi Brokoli: Dari Menghambat Kanker Sampai Kesehatan Janin