10 Kota dengan Temperatur Terdingin di Indonesia, Gunakan Jaket Saja Tidak Cukup 2023

10 Kota dengan Temperatur Terdingin di Indonesia, Gunakan Jaket Saja Tidak Cukup
Iklimnya kurang dari 20 derajat celsius

22 Juli 2023
10 Kota dengan Suhu Terdingin di Indonesia, Pakai Jaket Saja Tak Cukup

BERITA BURUNGBerdasar jumlah cahaya matahari yang terterima sama permukaan bumi, cuaca dipisah jadi 4 jenis, adalah cuaca tropis, cuaca subtropis, cuaca tengah, dan cuaca dingin. Indonesia sendiri ialah negara dengan cuaca tropis dengan pembagian musim kemarau serta musim hujan.

Temperatur di Indonesia akan basah pada saat musim penghujan dan rata-rata menyebab temperatur udara jadi lebih dingin dibanding di beberapa hari umumnya. Memanglah tidak sedingin negara yang mempunyai cuaca dingin, umumnya temperatur normal di Indonesia di kira-kira 20-30 derajat celcius.

Akan tetapi, ada kota-kota di Indonesia yang miliki temperatur dingin, baik pada musim penghujan atau musim hujan. Sampai ada kota yang mempunyai temperatur di bawah rerata, lho.

Terus di kala saja beberapa kota di Indonesia yang punyai suku terdingin? Yok, baca bersama!

10. Gayo Lues – Aceh
10 Kota dengan Suhu Terdingin di Indonesia, Pakai Jaket Saja Tak Cukup

Berada di propinsi Aceh, kabupaten Gayo Lues masuk ke deretan kota dengan temperatur terdingin di Indonesia. Bukan tanpa ada argumen, kota ini berada pada ketinggian 1.000 mdpl hingga temperatur di kota ini cukup hanya dingin dibandingkan sejumlah tempat yang lain. Temperatur paling rendah yang sebelumnya pernah terdaftar, ialah ada dalam rata-rata 24 derajat celcius, Bela.

Fyi, Kabupaten ini lebih banyak diketahui sebab jadi lokasi lajur pendakian Gunung Leuser, lho. Disamping itu, kabupaten Gayo Lues pula jadi rumah untuk Kopi Gayo yang tenar serta komoditas menjanjikan yang lain.

9. Berastagi – Medan
Kantor Kecamatan Berastagi

Kenapa kota Berastagi di Medan miliki temperatur udara yang dingin? Perihal itu muncul karena posisi kota Berastagi ada pada dua gunung api aktif, yaitu gunung Sibayak dan gunung Sinabung di Sumatera Utara . Sehingga, gak bingung ya jika kota ini masuk ke daftar.

Kota Berastagi yang masuk ke lokasi administratif Kabupaten Karo ini berada pada ketinggian 1.300 mdpl, dengan temperatur sangat rendah yang dulu pernah tertera capai 15 derajat celcius. Walaupun sebenarnya wilayah disekelilingnya miliki temperatur rerata 24 derajat celcius.

8. Padang Panjang – Sumatera Barat

Berganti ke sisi barat Sumatera. Ada kota yang masuk ke kelompok kota dengan temperatur terdingin di Indonesia, pasnya ada di dalam Kota Padang Panjang, Sumatera Barat.

Bila, kota Berastagi di Medan disekelilingi 2 gunung maka dari itu sebabkan temperatur yang lebih rendah, kota Padang Panjang bahkan juga disekelilingi oleh 3 gunung sekalian. Ke-3 gunung itu yakni Gunung Singgalang, Merapi, dan Tandikat. Telah terpikir bagaimana dinginnya belum?

Ada di ketinggian 950 mdpl temperatur sangat rendah yang sempat tertera, ialah gapai 14 derajat celcius. Kurang lebih mesti gunakan jaket berapakah lapis, ya?

7. Ciwidey – Jawa Barat
undefined

Melintas ke pulau Jawa, benarnya Jawa Barat, ada kabupaten di Bandung yang punyai temperatur sangat rendah, nih. Penduduk Jawa Barat dan seputarnya nyata sudah tak asing dengan obyek wisata Ciwidey. Ya, tempat ini masuk juga ke daftar, Bela.

Dusun yang tenar karena ada lokasi liburan Kawah putih ini ada di dalam ketinggian 1.200 mdpl. Gak kenal waktu, baik pagi, siang, atau juga malam Ciwidey memang termasyhur dengan temperaturnya yang dingin.

Bagaimana tak, umumnya temperatur di kampung ini dapat capai 13 derajat celcius. Buat yang pernah bertandang ke Ciwidey pastilah tahu berapa dinginnya tempat itu.

6. Baturaden – Jawa tengah
undefined

Seterusnya kita berubah ke Jawa tengah. Area dengan temperatur terpaling rendah kesempatan ini digenggam oleh area Baturaden, Purwokerto Jawa tengah. Kenapa wilayah ini dapat amat dingin?

Hal tersebut sebab tempat Baturaden cocok ada pada bawah kaki Gunung Slamet. Dengan ketinggian 980 mdpl, temperatur sangat rendah yang pernah sebelumnya tercantum, yaitu gapai 14 – 19 derajat celcius. Kendati pun dingin, Baturaden masih jadi tempat liburan pujaan penduduk.

5. Batu – Jawa Timur

Sama namanya Batu, tetapi tempatnya kesempatan ini tidak sama. Kota Batu ada di Malang, propinsi Jawa Timur. Jadi salah satunya tempat dengan temperatur sangat rendah di pulau Jawa, Kota Batu ada dalam ketinggian 700 sampai 1.700 mdpl.

Tempat dengan temperatur paling rendah yang sebelumnya pernah terdaftar capai 13 derajat celcius ini sangatlah tenar menjadi objek rekreasi bahkan juga mulai sejak era Hindia Belanda. Merilis GNFI, beberapa orang Belanda pada kurun itu menyebutkan kota ini menjadi de Kleine Zwitserland, atau yang berarti Swiss Kecil.

4. Ruteng – Nusa Tenggara Timur

Berganti ke pulau Nusa Tenggara, kesempatan ini ada kita Ruteng di Flores, NTT yang masuk ke daftar. Selainnya diketahui temperatur dinginnya kota ini kerapkali dikatakan sebagai Praha-nya Indonesia. Hal itu dipicu kota ini mempunyai design bangunan yang kekinian serta panorama yang cantik menjadi latarnya.

Ada dalam ketinggian 1.200 mdpl, Ruteng dulunya pernah tertera mempunyai temperatur terpaling rendah capai 10 derajat celcius, nyaris mengimbangi temperatur terpaling rendah salah satunya tempat di Papua yang bisa kita ulas kelak. Temperatur rerata harian di daerah ini sesungguhnya cuma kira-kira di angka 25 derajat celcius saja, tapi dapat adakalanya amat rendah.

3. Mamasa – Sulawesi Barat

Nyaris semua pulau di Indonesia miliki tempat terdinginnya sendiri. Kesempatan ini kita bakal ke arah pulau Sulawesi, pasnya di Kota Mamasa di Propinsi Sulawesi Barat. Jadi tempat dengan temperatur sangat dingin di Sulawesi, kota Mamasa sendiri ada di atas ketinggian 1.900 mdpl, Bela. Nyaris mengimbangi ketinggian sejumlah gunung di Pulau Jawa. Patut saja Mamasa sangatlah dingin, ya?

Temperatur paling tingginya saja cuma gapai 26 derajat celcius. Temperatur sangat rendah yang dulu pernah terdaftar di lokasi ini, yaitu sampai 16 derajat celcius, dengan temperatur sehari-hari umumnya 23 derajat celcius.

2. Waghete – Papua Barat

Masuk pada daftar nomor dua area sangat dingin di Indonesia. Berada pada barat Pulau Papua, kota Waghete ada di dalam Kabupaten Deiya benarnya di tepian danau Tigi. Tidak cuma dingin di masa malam saja, tempat ini miliki temperatur yang dingin pada siang hari.

Posisi dari kota ini ada dalam daratan tinggi kira-kira 1.700 mdpl, dengan temperatur paling rendah pada siang hari capai 15 derajat celcius dan semakin menurun ke angka 10 derajat celcius pada malam hari. Jaket saja gak dapat menolak dinginnya temperatur yang menyerang di daerah ini, Bela.

1. Mulia – Papua tengah

Predikat kota terdingin di Indonesia digenggam oleh Kota Mulia, di Papua. Kota Mulia sebuah kota yang berada di Kabupaten Pucuk Jayawijaya. Tempat ini mempunyai dataran selebar 883 km persegi dan ada di ketinggian 2.448 mdpl.

Lantaran berada cukuplah tinggi, ditambah lagi kota ini benar-benar dekat sama Gunung Jayawijaya, tidak mencengangkan jika daerah ini mempunyai temperatur yang dingin. Sampai Kota Mulia dilantik selaku wilayah permukiman warga tertinggi di Indonesia.

Waktu malam hari, temperatur di kota Mulia dapat sampai 9 derajat celcius. Seringkali temperatur di Kota Mulia turun sampai capai titik beku. Selain unsur dekat sama Gunung Jayawijaya, posisi di tengah gunung karena cucur hujan di daerah ini terjadi sering sekali bertahun-tahun.

Sekianlah 10 daftar beberapa kota dengan temperatur paling dingin di Indonesia. Dari kesepuluh daftar di atas mana-mana yang udah kamu datangi?