7 Pro-kontra Matty Healy ‘The 1975’ yang Membuat Warganet Gempar 2023

7 Pro-kontra Matty Healy ‘The 1975’ yang Membuat Warganet Gempar
Dari rasis sampai kecupan sama-sama type pada pentas 2023

24 Juli 2023
7 Kontroversi Matty Healy 'The 1975' yang Bikin Netizen Heboh

BERITA BURUNGMatty Healy penyanyi The 1975 tengah membuat percaturan hiburan ramai. Dia membikin festival musik Malaysia, Good Vibes Festival, buyar walau sebenarnya anyar terjadi sehari. Soal ini sebagai dampak dari perbuatan pentasnya, mulai dengan mengolok pemerintah Malaysia, mencium si bassist, Ross MacDonald, yang sama orang lelaki, sampai menghancurkan drone.

Tidak bimbang pirsawan dibikin jengkel sebab momen ini. Deretan pro kontra Matty Healy di masa lampau lantas diungkit kembali. Berikut daftarnya.

1. Cium bassist The 1975 saat manggung di Malaysia
7 Kontroversi Matty Healy 'The 1975' yang Bikin Netizen Heboh

Lebih detil bab kontroversinya di Malaysia, Matty Healy ternyata awalnya sempat mengeluh terkait ketentuan anti-LGBTQ+ di Malaysia. Dia membeberkan sudah lakukan kekeliruan lantaran tak menyaksikan negara apakah yang akan dia tengok untuk manggung kesempatan ini.

“Saya udah kerjakan kekeliruan saat mem-booking pementasan. Saya tak perhatikannya. Saya tidak lihat apa point mengundang The 1975 ke sebuah negara serta mengontrol sama siapa kita dapat melakukan hubungan seks,” tukasnya di 21 Juli lalu, di Good Vibes Festival yang diselenggarakan di Circuit Internasional Sepang, Kuala Lumpur.

Mengenali pengucapan itu serta perbuatan kecupan yang dijalankannya, waktu tampil The 1975 juga pada akhirnya dipotong. Gak cuma itu, hari ke-2 dan ke-3 festival lantas mau tak mau gagal diselenggarakan.

2. Cium satpam laki laki yang mengawasi pentas
7 Kontroversi Matty Healy 'The 1975' yang Bikin Netizen Heboh

Kecupan sama-sama type ini Matty kerjakan di NorthSide Festival, Denmark pada Juni saat kemarin. Kesempatan ini dia mengerjakannya pada seorang satpam laki laki yang bekerja menjadi penjaga pentas.

Tindakan itu diawali dari pelukan yang telah dilakukan si penyanyi waktu tampilkan lagu “Robbers”. Saat di cium, satpam itu terlihat menyambutnya dengan senang. Perihal ini menjadi frontal lantaran Matty tengah diberitakan menjalin cinta dengan Taylor Swift.

3. Cium fans lelaki di Uni Emirat Arab
7 Kontroversi Matty Healy 'The 1975' yang Bikin Netizen Heboh

Sama perihalnya dengan Malaysia, Uni Emirat Arab punyai hukum yang melawan golongan LGBTQ+. Saat The 1975 manggung di negara ini di 2019 lalu, Matty justru masih tetap mencium orang fans laki laki. Tindakan ini seketika memetik kritikan dari beberapa faksi.

4. Pijak bendera Korea Selatan
7 Kontroversi Matty Healy 'The 1975' yang Bikin Netizen Heboh

Satu diantaranya pro kontra yang balik diungkit warganet yakni tindakan Matty meng-upload photo mirror selfie sekalian beranjak bendera Korea Selatan di 2019 saat lalu. Bendera itu sebagai pemberian pemujanya dan tertulis “The 1975 Live In Seoul” di atasnya.

Hal yang membuat sejumlah orang semakin geram, Matty terlihat tidak merasakan bersalah udah bertindak kurang rasa hormat itu. Dia juga hapus upload itu tiada dibarengi permohonan maaf.

5. Tertawakan jati diri rapper Ice Spice
7 Kontroversi Matty Healy 'The 1975' yang Bikin Netizen Heboh

Februari lalu, Matty datang di podcast The Adam Friedland Show yang dibantu Adam Friedland dan Nick Mullen. Mereka membahas lagu “Princess Diana” yang dikenalkan rapper Ice Spice bersama Nicki Minaj.

Mereka lalu memperdebatkan apa Ice Spice mempunyai ras Hawai, Tiongkok, atau Inuit lalu meragakan dialeknya semasing. Dua host juga mengatakan si rapper dengan “Chubby Chinese Girl” dan “Inuit Spice Girl”.

Matty tertangkap turut ketawa karena gurauan itu. Banyak warganet sedih sebab awal kalinya Ice Spice menyatakan sebagai satu diantaranya pendengar musik The 1975. Matty lantas lalu mohon maaf satu bulan kemudian.

6. Targetkan camera ke alat krusial
7 Kontroversi Matty Healy 'The 1975' yang Bikin Netizen Heboh

Pentas The 1975 di London, Inggris di 27 Juni lalu bisa saja menjadi salah satunya panggung paling polemis. Karena Matty kerjakan perbuatan gak patut dengan arahkan camera ke alat vitalnya. Gak cuma itu, dia lakukan tindakan makan daging tomahawk mentah di atas pentas yang sama persis.

7. Melakukan salam Nazi pada pentas

Pro kontra Matty Healy yang berlangsung pada awal tahun ini adalah laganya melaksanakan salam Nazi di pentas. Dia memperagakan pergerakan itu saat menyanyikan lirik “Thank you Kanye, very cool!” yang ada di lagu “Love It If We Made It”.

Sama hal yang kita pahami, Kanye West atau Ye menggemparkan warganet lantaran pro kontra antisemitisme atau kedengkian pada umat Yahudi. Banyak orang-orang mencela perbuatan Matty karena dianggap tak peka.

Karena daftar panjang ini, warganet beramai-ramai menamai Matty Healy dengan panggilan aktris problematikatik. Bagaimana menurutmu,?