7 Kegunaan Buah Sirsak, Sang Kecut yang Beri kesegaran

7 Kegunaan Buah Sirsak, Sang Kecut yang Beri kesegaran

Sirsak mempunyai rasa yang unik, sedikit asam, dagingnya kenyal, warna putih, dan memberi kesegaran. Kandungan nutrisi yang ada dalam sirsak sanggup membuat sembuh bermacam persoalan kulit, juga diperkira bisa mengobati model kanker spesifik. Apakah benar? Berikut ini keterangan sekitar faedah buah sirsak. Kecuali nikmat agar dikonsumsi, rupanya terdapat banyak faedah buah sirsak untuk kesehatan.

Fungsi buah dengan rasa yang manis serta asam ini pastinya tidak terlepas dari nilai nutrisi didalamnya. Buah sirsak (Annona muricata) banyak diketemukan di wilayah beriklim tropis, termaksud Indonesia. Buah ini kerap dimakan secara langsung atau jadi juice, puding, atau gabungan es buah. Bukan sekedar daging buahnya, sisi lain dari tanaman sirsak, seperti tangkai, akar, dan daun sirsak, pula sering dipakai sebagai obat tradisionil.

Kandungan nutrisi buah sirsak

Sirsak yang punya nama latin Annona Muricata yaitu buah yang dapat diketemukan di negara beriklim tropis, seperti Indonesia. Rasanya yang fresh, membikin sirsak kerap dipakai menjadi juice atau topping di sop buah. Kecuali rasanya yang berikan kesegaran, sirsak mempunyai kegunaan serta manfaat buat kesehatan. Berdasar pada Data Formasi Pangan Indonesia, dalam 100 g buah sirsak punya kandungan nutrisi seperti berikut.

Air: 81.7 gr (g).
Energi: 65 kkal.
Protein: 1 g.
Lemak: 0,3 g.
Karbohidrat: 16,3 g.
Serat : 3,2 g.
Fosfor: 27 miligram (mg)
Kalsium: 14 mg.
Kalium: 298,9 mg.
Vitamin C: 20 mg.

Antiknya, fungsi sirsak bukan sekedar ada di daging, akan tetapi daun serta batangnya kerap dipakai menjadi penyembuhan tradisionil.

Faedah dan faedah buah sirsak

Selainnya langsung dikonsumsi, sirsak bisa diproses menjadi juice, puding, permen, dan obat tradisionil. Apa fungsi atau manfaat buah sirsak?

1. Antibakteri

Antibakteri

Menurut studi dari International Journal of Molecular Sciences, sirsak udah lama jadi penyembuhan tradisionil di wilayah Amerika Latin dan Amerika Selatan. Sirsak punyai karakter antiparasit dan antibakteri yang bisa buat perlindungan badan dari infeksi parasit. Untuk memperoleh kegunaan sirsak sebagai perlindungan dari infeksi parasit, Anda dapat memakai buahnya langsung. Bisa pula dengan rebus daun sirsak, lalu minum saat lagi hangat.

2. Memperlancarkan pencernaan

Memperlancarkan pencernaan

Dalam 100 g sirsak, punya kandungan 20 miligram vitamin C yang punya fungsi selaku penyembuhan alami untuk disentri. Kecuali buahnya, Anda bisa pula gunakan daun sirsak untuk penyembuhan yang terkait dengan kasus aliran pencernaan. Trik mengkonsumsi daunnya melalui langkah diseduh seperti teh. Daun serta daging sirsak bisa dipakai buat bersihkan usus, dan skema gastrointestinal lebih lancar.

Perihal ini karena sirsak bisa memberikan stimulan hormon diuretik dan vitamin C pada sirsak bisa kuatkan skema kekebalan badan. Buah sirsak memiliki kandungan alkaloid serta kuin antiradang, maka dari itu bisa kurangi parasit di usus. Tidak cuma itu, alkaloid pula kurangi rasa ngilu serta sakit di perut.

3. Menolong menghilangkan ngilu

Menolong menghilangkan ngilu

Manfaat serta fungsi buah sirsak yang lain merupakan menolong menurunkan ngilu persendian seperti arthritis. Dalam study yang diedarkan oleh Journal of Medicinal Food diterangkan kalau memoleskan daun sirsak ke ruang yang ngilu dapat percepat pengobatan. Daun sirsak miliki pembawaan menyantaikan dan anti-inflamasi (antiradang), hingga dapat diperlukan selaku obat usap (tropis) di bagian yang ngilu. Meskipun demikian, studi ini dilaksanakan pada tikus. Masih dibutuhkan pengamatan selanjutnya perihal faedah sirsak untuk meredam ngilu. Selalu tanyakan ke dokter buat persoalan kesehatan Anda tergolong dalam pemakaian obat herbal.

4. Turunkan tekanan darah

Turunkan tekanan darah

Sirsak dapat dijadikan obat tradisionil untuk turunkan tekanan darah. Sebuah analisis yang telah dilakukan Kampus Gadjah Mada, membuktikan kalau suplemen yang dibuat dari daun, konsentrat, serta biji sirsak kurangi pengurangan persentase LDL dalam badan. LDL yakni Low-Density Lipoprotein atau diketahui menjadi cholesterol jahat. Memakai sirsak bisa pula turunkan kandungan trigliserida yang lebih tinggi, dibanding orang yang tak makan sirsak.

5. Hilangkan depresi

Hilangkan depresi

Teh sirsak sudah dipakai buat melenyapkan depresi dan insomnia. Menurut analisis yang sudah dilakukan Rutgers University Libraries, pembawaan antiradang pada sirsak dapat merehatkan seorang yang lagi sukar tidur. Hormon depresi pada tubuh dapat mengacaukan dan menghancurkan metabolisme badan. Selainnya menolong melenyapkan depresi, effect merehatkan itu bisa menolong Anda untuk menyelesaikan insomnia.

6. Kesehatan kulit

Analisis yang dicatat dalam International Journal of Pure dan Applied Bioscience, biji sirsak bisa dipakai selaku penyegar buat kulit. Analisis dilaksanakan langkah membinasakan biji serta buah sirsak dan lekatkan dalam kulit. Cara tadi dapat menyantaikan struktur kulit. Sirsak miliki kegunaan dan manfaat di dalam kurangi garis-garis keriput, dan kurangi tanda-tanda penuaan kulit. Anti-oksidan dalam sirsak sanggup meremajakan kulit dan membuat perlindungan kulit dari infeksi bakteri.

7. Menghalang penyakit kanker

Sebuah riset dilaksanakan oleh BMC Complementary and Preferensi Medicine. Hasilnya, sirsak memiliki kandungan turunan asam lemak yang dimaksud Annonaceous acetogenins. Senyawa ini bisa disangkutkan penangkalan kanker serta pengurangan ukuran tumor. Terkecuali itu, kandungan pada sirsak bisa dipakai selaku pilihan buat penyembuhan kanker. Acetogenins dalam sirsak disangka bisa potong kemajuan sel yang tidak normal dari saluran darah. Sirsak kerap disangkutkan jadi salah satunya penyembuhan untuk kanker payudara, prostat, serta paru-paru. Meskipun demikian, studi di atas dijalankan dalam tabung di laboratorium, belum pada tubuh manusia. Jadi, butuh studi seterusnya buat memandang manfaat sirsak pada pasien kanker.

Dalam buah sirsak, terdapat anti-oksidan serta bermacam zat kimia yang lain mempunyai pembawaan antikanker. Beberapa study di laboratorium perlihatkan jika konsentrat buah serta daun sirsak nampak bisa membatasi perkembangan beberapa macam sel kanker, seperti kanker payudara, prostat, usus besar, hati, ginjal, serta mulut. Pelbagai analisis telah membuktikan beberapa fungsi buah sirsak untuk kesehatan. Tapi, harus diingat, kegunaan sirsak itu baru dijumpai berdasar hasil study dari sejumlah pengamatan bertaraf kecil. Buah sirsak bisa saja disantap jadi sisi dari skema makan sehat sebab miliki kandungan nutrisi yang lumayan tinggi.

Akan tetapi, kalau Anda akan gunakan suplemen atau penyembuhan herbal yang mempunyai kandungan konsentrat buah, daun, atau sisi lain dari tanaman sirsak, semestinya diskusikan ke dokter terlebih dulu berkaitan keamanan dan efisiensinya.

 

BACA JUGA :  8 Kegunaan Sitrun, Tambahkan Imun sampai Turunkan Berat Tubuh