6 Rider Asal Spanyol yang Jadi Juara Dunia Moto2

6 Rider Asal Spanyol yang Jadi Juara Dunia Moto2

Beritaburung – Augusto Fernandez (Red Bull KTM Ajo) merampas titel juara dunia Moto2 2022 pada seri Valencia, Minggu (6/11/2022), tanpa berusaha susah payah. Baru masuk perputaran ke-7 balapan, Fernandez telah mengunci gelar.

Ini terjadi karena pesaing paling beratnya, Ai Ogura (Idemitsu Honda Tim Asia), jatuh saat ada di baris depan. Dengan demikian, secara automatis Fernandez ditegaskan jadi juara dunia Moto2 2022.

Sejauh riwayat diadakannya Moto2 semenjak musim 2010, Fernandez jadi rider Spanyol ke enam yang sanggup merampas gelar dunia. Dia masuk ke club elite beberapa juara balap peraup gelar di kelas intermediate.

Terhitung Augusto Fernandez, berikut ke enam rider asal Spanyol sebagai juara dunia Moto2. Baca penjelasannya, yok!

1. Augusto Fernandez (2022)

Augusto Fernandez
Augusto Fernandez rider yang masuk daftar juara dunia asal Spanyol paling baru. Pembalap team Red Bull KTM Ajo ini mengumpulkan keseluruhan 271,5 point sesudah memainkan 20 seri Grand Prix.

Selama musim, dia sukses merampas dua pole position dan sembilan tribune, terhitung empat kemenangan. Fernandez juga sempat bikin hattrick kemenangan di seri Jerman, Belanda, dan Inggris. Dalam klassemen akhir, Fernandez unggul dari Ai Ogura yang bikin 242 point dan Aron Canet yang mencatatkan 200 point.

2. Alex Marquez (2019)

Alex Marquez
Alex Marquez jadi jaura dunia kelas Moto2 pada musim 2019. Waktu itu, dia jadi sisi dari team EG 0,0 Marc VDS.

Sepanjang mengaspal pada musim itu, Marquez mencatat enam pole position, 10 tribune terhitung lima kemenangan. Di akhir musim dia mencatatkan 262 point.

Alex Marquez menaklukkan pesaing paling dekatnya dengan kompetisi ketat dan pencapaian point yang tipis. Dia unggul dari Brad Binder (259 point) dan Thomas Luthi (250 point).

3. Tito Rabat (2014)

Tito Rabat
Pada musim 2014, Tito Rabat amankan titel juara dunia Moto2 bersama team Marc VDS Racing Tim. Saat itu dia cetak keseluruhan 346 point.

Tito Rabat mengumpulkan banyak pole position dan tribune. Selama musim, dia cetak 11 pole position dan 14 tribune, terhitung tujuh kemenangan. Rabat melampaui Mika Kallio (289 point) dan Maverick Vinales (274 point).

4. Pol Espargaro (2013)

Pol Espargaro

Saat perkuat team Tuenti HP 40 di kelas Moto2, Pol Espargaro mengunci titel juara dunia. Pol mencapainya pada musim 2013 sesudah menaklukkan Scott Redding (225 point) dan Tito Rabat (216 poin)

Perolehan point Pol Espargaro ialah 265 point. Dia mencapainya sesudah tampil bagus dengan mencatat enam pole position dan 10 tribune, terhitung enam kemenangan.

5. Marc Marquez (2012)

Marc Marques
Marc Marquez masuk ke daftar rider Spanyol yang merampas titel juara dunia Moto2. Bagaimana tidak, The Baby Alien tampil menguasai pada musim 2012.

Bersama Tim Catalunya Caixa Repsol, Marquez mencatatkan 328 point. Di dalam 17 seri balap, dia tampil bagus dengan mengepak tujuh pole position dan 14 tribune yang 9 sembilan salah satunya ialah kemenangan. Dia juga bikin hattrick di Indianapolis, Republik Ceko, dan San Marino.

Pada klassemen akhir, Marquez unggul dari Pol Espargaro (269 point) dan Andrea Iannone (194 point). Marquez sendiri kelihatannya memang ditakdirkan untuk jadi legenda balap.

6. Toni Elias (2010)

Moto2
Rider asal Spanyol yang pertama merampas titel juara dunia Moto2 ialah Toni Elias. Rider yang saat itu perkuat team Gresini Racing ini kantongi 271 point, unggul dari Julian Simon (102 point) dan Andrea Iannone (199 point).

Dalam satu musim, Elias amankan tiga pole position dan delapan tribune yang tujuh salah satunya menghasilkan kemenangan. Dia juga sempat menang 4x berturut-turut di Jerman, Republik Ceko, Indianapolis, dan San Marino.

Bukan tanpa argumen rider Spanyol dapat digdaya di semua kelas. Semenjak kecil, mereka memang punyai semangat tinggi pada gelaran motor balap. Tidaklah aneh bila mereka sanggup jadi juara dunia di semua kelas Grand Prix yang diperlombakan, tidak kecuali Moto2.