5 Tips Menjinakan Burung Murai Batu

5 Tips Menjinakan Burung Murai Batu

BERITA BURUNG – Menjinakan Burung Murai Batu (MB) yang anyar diamankan dari rimba benar-benar butuh kesabaran, kebanyakan miliki karakter giras serta mudah depresi. Biasanya perilaku burung dapat kelihatan depresi, terbang tidak memiliki aturan, tak mau makan dan shock.

Perilaku itu wajar menginggat komunitas asli burung itu idup di alam terlepas.

Burung Murai

Burung tak tersbiasa denggan gerakan terbatas dalam sangkar bersama skema perawatan teratur pada burung yang punyai nada burung kicau yang juga unik itu. Tentu situasi itu dapat sebabkan problem kesehatan bahkan juga kematian.

Buat beberapa penyuka kicau mania, keadaan Burung Murai Batu mesti pada situasi sehat dengan stamina yang sehat supaya dapat keluarkan kemampuan kicau terhebat.

Supaya bisa kerjakan hal semacam itu skema perawatan jadi hal dasar yang penting jadi simak.

Teknik Menjinakan Burung Murai Batu
Ada banyak panduan dalam skema perawatan burung murai, dimulai dari type murai batu medan, murai batu kalimantan, murai batu borneo, murai batu malaysia namun juga murai batu yang lain.

Baca juga ya :

Dilansir dari kicaumania.net buat kwalitas burung dengan suara kicau yang unik pasti butuh perbuatan teristimewa saat kerjakan perawatan.

Murai liar bakal condong depresi bersua dengan lingkungan baru, tidak serupa dengan burung kicau ternak yang lain. Berikut skema perawatan agar dapat menjinakan murai liar :

1. Melakukan pengenalan Voer (Makanan Khusus Burung Kicau)

Di komunitas alam liar burung kicau murai batu ini memakai hewan tipe serangga seperti kroto, jangkring serta ulat. Sedang buat perkenalkannya di Voer, Anda dapat tumbuk Voer hingga lembut.

Kemudian,letakan makanan itu di tempat makan burung, lalu letakan pula kroto di atasnya. Tidak boleh campur atau aduk ke-2 nnya, maksudnya supaya burung terlatih dengan rasa serta wewangian Voer, anyar selesai 1 minggu dapat aduk ke-2 nnya.

Buat menjinakan burung murai batu tiap harinya jumlah Voer tempat makan itu, sesuai perkembangan keperluan tingkah laku burung. Apabila Murai ingin untuk makan Voer, pemasokan pakan Voer dengan kroto baru bisa terpisah.

2. Tahapan Memandikan

Untuk murai masih liar, baiknya tak memandikannya lebih dulu. Bila burung telah tenang serta sehat, baru Anda dapat memandikannya.

Untuk ciri-ciri Murai yang sehat umumnya nampak dengan mata yang jernih, badan yang fresh, gerakan yang lincah, dan perawakan yang segar.

Untuk metode memandikannya, Anda dapat menyemprot air ke badan Murai secara perlahan-lahan. Namun ingat, bulu-bulu burung jangan pernah basah kusup. sebab maksudnya supaya Murai terlatih dan tidak terkejut. Lalu, bila sudah satu minggu Anda dapat menempatkan tempat mandi burung atau keramba, gunannya supaya setiap waktu Murai pengin mandi, Dia dapat mengerjakannya sendiri.

3. Proses Penjemuran

Untuk step penjinakan Murai Batu, baiknya Anda cuman perlu mengerjakan proses penjemuran sepanjang 30 menit saja tiap pagi. Sedang buat proses yang bagus, Anda dapat kerjakan proses penjemuran ini tiap-tiap pagi sesudah mandi.

Buat bagian pembiasaan, Anda dapat meningkatkan waktu jemur jadi 1 jam bila burung udah biasa.
Kalau burung udah jinak, Anda dapat mengatur penjemuran jadi 2-3 jam dalam satu hari.

Namun ingat, yakini proses penjemuran saat pagi hari sebelumnya jam 10 pagi, lantaran tidak panas cuacanya, serta dengan penjemuran ini dapat bikin nada burung murai jadi bagus.

Untuk EF sendiri, burung ini mengkonsumi serangga sebagai makanan penting waktu Dia ada dalam rimba. Makanan itu seperti jangkrik, kroto, ulat, dan beberapa serangga yang lain.

Namun ingat, untuk Murai masih yang liar, mengupayakan agar buat memberi makanan tambahan ini pada kondisi sangkar yang tidak bergantung. Pemberian vitamin sangat juga menolong dalam bikin burung mentalnya bagus serta nada burung murai jadi keluar intensif.

4. Pengenalan di Tempat Ramai

Dalam melulutkan MB masih yang liar, Anda pun butuh memperkenalkannya di lingkungan kira-kira yang ramai. Namun untuk proses ini, Anda dapat mengawalinya bila situasi burung mulai tenang.

Apabila sudah, karenanya awalilah dari lingkungan rumah seperti teras serta seputarnya.

5. Menjinakan Burung Murai Ngeriwik

Murai Batu yang liar, normalnya akan mengawali ngeriwik atau ngeplong saat situasinya udah tenang, sehat, serta tentunya tidak depresi kembali. Kalau situasi burung belum sesuai itu, karena itu biarlah dahulu serta gak boleh paksakan. Nanti sampai Dia pengin buat melakukan sendiri.

Trik menjinakan burung Murai Batu di atas, dapat Anda untuk jadi bahan panutan untuk melulutkan MB liar yang Anda punya. Tetapi yang pasti, dalam gunakan tips-tipsnya semestinya Anda lakukan secara kesabaran. Karenanya tidak seluruhnya burung liar bisa keluarkan kemampuan nada terunggul dalam waktu yang singkat.