5 Team Paling akhir yang Jadi Runner-up Piala Dunia, Ada Kroasia

5 Team Paling akhir yang Jadi Runner-up Piala Dunia, Ada Kroasia

Beritaburung – Lebih dari 90 tahun semenjak 1930, Brasil jadi negara tersukses dalam riwayat Piala Dunia. Team Samba sudah 21 kali berperan serta, 7 kali capai final, dan 5x merangkul titel juara.

Disebelah lainnya, Jerman sebagai negara tersering capai final PialaDunia, yaitu sekitar 8x. Die Mannschaft sudah 4 kali menjadi juara dan 4 kali jadi runner-up.

Masuk era ke-21, Piala Dunia lebih dikuasai oleh team-team Eropa. Dari PialaDunia 2002 s/d Piala Dunia 2018, cuma Brasil dan Argentina yang menjadi negara non-Eropa yang sukses capai partai final.

Kalah di partai final, silahkan mengingat lagi lima team paling akhir yang menjadi runner-up Piala Dunia berikut!

1. Jerman (Piala Dunia 2002 Korea Selatan/Jepang)

Jerman
Pertama kalinya dan salah satu dalam riwayat, Piala Dunia 2002 diadakan di dua negara, yaitu di Korea Selatan dan Jepang. Saat itu, Tim nasional Brasil sukses memenangkan kompetisi dan Jerman jadi runner-up.

Tim nasional Jerman yang dipanggil Die Mannschaft memulai perjalanan saat jadi puncak Group E. Selanjutnya, mereka mengalahkan Paraguay pada set 16 besar, menaklukkan Amerika Serikat di perempat final, dan berhasil bikin Korea Selatan berlutut di semi-final.

Sayang, tim Jerman yang ditempati beberapa pemain berkualitas harus menerima kekalahan di partai final melawan Brasil. Jerman kalah 0-2 di Stadion Yokohama pada 30 Juni 2002.

2. Prancis (Piala Dunia 2006 Jerman)

Prancis
Pada 9 Juli 2006 lalu, final Piala Dunia 2006 di antara Tim nasional Prancis dan Tim nasional Italia berjalan menegangkan di Stadion Olimpiade, Berlin. Partai final itu menjadi salah satunya yang paling iconic dengan semua kontroversinya.

Saat itu, Prancis unggul terlebih dulu di menit ketujuh selesai Zinedine Zidane menyelesaikan penalti karena kekeliruan pemain musuh. Italia menyamai posisi di menit ke-19 melalui gol Marco Materazzi.

Apes, Prancis harus jalani sesion beradu penalti tanpa seorang kapten. Karena, Zidane disanksi kartu merah sesudah menyeruduk Materazzi di menit ke-110. Ketidakberhasilan penalti David Trezegue jadi factor yang membuat Prancis kalah 4-6.

Dalam sejarahnya, Les Blues sukses 3x capai final Piala Dunia. Sekitar dua gelar dicapai pada 1998 dan 2018. Prancis jadi runner-up pada PialaDunia 2006.

3. Belanda (Piala Dunia 2010 Afrika Selatan)

Belanda

Pada PialaDunia 2010, Belanda sukses menaklukkan Slovakia pada set 16 besar, Brasil pada perempat final, dan Uruguay pada semi-final. Tetapi, mereka justru kalah oleh Spanyol di partai final.

Laga final terhidang di Stadion Soccer City, Johannesburg, Afrika Selatan pada 11 Juli 2010. Belanda dan Spanyol sempat alami kebuntuan panjang. Sampai pada akhirannya, kekalahan tipis 0-1 ditelan Belanda selesai gawang mereka dibobol Andres Iniesta di menit ke-116.

Antara 10 peluang mentas di PialaDunia, Team Oranje pernah 3x capai partai final. Tetapi, ke-3 nya usai jadi runner-up. Belanda tak pernah sekali juga memenangkan kompetisi paling berprestise di dunia itu.

4. Argentina (Piala Dunia 2014 Brasil)

Argentina

Argentina telah 17 kali berperan serta dan 5x capai final Piala Dunia. Salah satunya wakil Amerika Latin itu mengumpulkan dua piala emas yang direngkuh pada 1978 dan 1986.

Argentina sebagai negara runner-up pertama kali dalam riwayat PialaDunia. Mereka kalah oleh Uruguay pada 1930. Akhir kali capai final, Team berjulukan Albicelestes itu kalah ke Jerman pada Piala Dunia 2014 di Brasil.

Walau dipegang oleh kapten Lionel Messi, Argentina gagal cetak 1 gol juga ke gawang Jerman. Mereka kalah 0-1 di Stadion Maracana pada 13 Juli 2014. Saat itu, Mario Gotze cetak salah satu gol untuk Jerman.

5. Kroasia (Piala Dunia 2018 Rusia)

Piala Dunia
Kroasia sebagai wakil Eropa yang jarang-jarang kedengar di PialaDunia. Mereka cuma pernah berperan serta 5 kali di kompetisi antara dunia itu. Sejauh ini, Kroasia kerap tersisih pada sesi kualifikasi group.

Untuk pertamanya kali dalam riwayat, Kroasia secara mengagetkan menyikat semua musuh dan capai final PialaDunia 2018 Rusia. Walau usai jadi runner-up, perolehan itu jadi titik paling tinggi untuk Kroasia.

Pada partai final, Kroasia kalah oleh Prancis dengan score 2-4 di Stadion Luzhniki, Moscow, pada 15 Juli 2018. Gol bunuh diri Mario Mandzukic di menit ke-18 jadi awalnya kekurangan Kroasia.

Prancis dapat menang karena 3 gol dari Antoine Griezmann, Paul Pogba, dan Kylian Mbappe. Dalam pada itu, 2 gol Kroasia diciptakan Ivan Perisic dan Mario Mandzukic.

PialaDunia akan balik diadakan pada 2022 ini di Qatar. Menariknya, ini kali kompetisi akan berjalan pada musim dingin, yang tidak sempat terjadi awalnya.