5 Stadion yang Dapat Jadi Basis Indonesia di Piala AFF 2022

5 Stadion yang Dapat Jadi Basis Indonesia di Piala AFF 2022

Jakarta, Beritaburung – Tim nasional Indonesia tengah dirundung sebuah masalah. Enam stadium yang berkesempatan jadi basis mereka di Piala AFF 2022, sedang dalam proses perbaikan menjelang Piala Dunia U-20 2023 dan tidak dapat dipakai, sesuai titah Kemenpora.

Ke enam stadium itu ialah stadium Sang Jalak Harupat, stadium Manahan, stadium Gelora Sriwijaya, stadium Gelora Bung Tomo, stadium I Wayan Dipta, dan stadium Khusus Gelanggang olahraga Bung Karno. Enam stadium ini akan dipercantik menjelang Piala Dunia U-20 2023.

“Itu (konser) tentu jangan . Maka semua stadium yang telah tercatat di FIFA dan disepakati FIFA, November ini akan diawali diperbaiki. Yang telah usai (perbaikan), stadionnya tidak dibolehkan dipakai untuk beberapa kegiatan lain,” tutur Menpora Zainudin Amali.

Melihat dari pengucapan Amali, telah ditegaskan jika enam stadium di atas tidak bisa jadi kandang Indonesia untuk Piala AFF 2022. Tetapi, tim Garuda tak perlu cemas. Ada banyak stadion yang bisa saja basis mereka nantinya.

1. Stadion Pakansari

Stadion Pakansari
stadium Pakansari mempunyai potensi besar menjadi basis Tim nasional Indonesia di Piala AFF 2022. Berada di Kabupaten Bogor, stadium ini telah mempunyai banyak pengalaman melangsungkan pertandingan internasional, terhitung semi-final dan final Piala AFF 2016.

Teraktual, stadion ini jadi venue dari FIFA Matchday, yang menghadapkan Indonesia musuh Curacao pada 27 September lalu. Ajang Asian Game 2018 sempat juga digelar di stadium yang memiliki 30 ribu pemirsa ini.

2. stadium Patriot Candrabhaga

Stadion Patriot Candrabhaga
Selainnya Pakansari, stadium Patriot Candrabhaga berkesempatan jadi kandang Indonesia di Piala AFF 2022. stadium yang disebut basis Persija Jakarta di Liga 1 2022/23 ini acap jadi berlangganan basis Indonesia dalam lima tahun akhir.

Stadion ini pernah menjadi venue Asian Game 2018, plus jadi venua pertandingan eksperimen tim Garuda musuh Fiji, Kamboja, dan Guyana pada 2017. Teraktual, stadium ini menjadi venue dari ajang Piala AFF U-19 2022, yang sukses dimenangkan Malaysia.

3. Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA)


Stadion Gelora Bandung
Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Bandung berkesempatan jadi kandang Indonesia di Piala AFF 2022. Memiliki 38 ribu pemirsa, basis Persib Bandung ini punyai sarana yang termasuk komplet.

Terkini, GBLA sempat juga jadi venue untuk Tim nasional Indonesia. Itu terjadi saat pertandingan FIFA Matchday yang menghadapkan tim Garuda musuh Curacao, 24 September 2022. Saat itu, pertandingan jalan bagus.

4. Stadion Maguwoharjo


Stadion Maguwoharjo
Stadion Maguwoharjo bisa juga jadi kandang Tim nasional Indonesia. Basis dari PSS Sleman di Liga 1 2022/23 ini acap melangsungkan beberapa laga berlevel internasional, baik itu eksperimen atau kompetisi internasional.

Terkini, di akhir Juli sampai tengah Agustus lalu, stadium ini pernah digunakan untuk melangsungkan Piala AFF U-16 2022. Stadion ini menjadi saksi bisu kesuksesan Tim nasional U-16 menggandeng gelar Piala AFF U-16 2022.

5. Jakarta International Stadium (JIS)


Jakarta international Stadium
Jakarta International Fase, atau umum disebutkan JIS, bisa juga jadi alternative kandang Tim nasional Indonesia di gelaran Piala AFF 2022. Kemampuan dari stadium ini besar sekali, yaitu 82 ribu. JIS pernah digunakan melangsungkan kompetisi internasional dan eksperimen internasional.

Bukan hanya itu, kualitas rumput dan beragam sarana pendukung JIS juga mempunyai standard yang bagus. Dengan pengendalian dengan rapi, stadion yang berada di Jakarta Utara ini bisa saja kandang Tim nasional Indonesia di Piala AFF 2022.