5 Latihan Kardio yang Tidak Buat Lutut Ngilu

5 Latihan Kardio yang Tidak Buat Lutut Ngilu

Beritaburung.id , Jakarta – Mayoritas latihan kardio -seperti lari atau naik sepeda dapat mengakibatkan cidera kaki, khususnya di bagian lutut.

Ngilu lutut ini sudah jadi permasalahan yang paling biasa terjadi pada beberapa sendi selama seharian, sesudah lakukan latihan kardio.

Menurut seorang pelatih bersertifikasi ACE, Stephanie Thomas, CPT, latihan kardio sebetulnya bermanfaat membuat kemampuan dan menjaga elastisitas untuk sendi.

Tetapi, benar ada beberapa latihan yang mengakibatkan ngilu pada lutut dan akan membuat lutut meradang.

Latihan Kardio

Nach, karena itu, beberapa pakar juga mereferensikan lima tipe latihan kardio yang serupa efektifnya, dan tidak mengakibatkan ngilu pada sendi.

1. Power walking

Thomas menjelaskan, power walking atau jalan cepat adalah latihan kardio yang menolong tingkatkan kesehatan dan tingkatkan detak jantung.

“Ini benar-benar serupa dengan lari tapi efeknya lebih kecil pada sendi kita,” tutur ia.

Disamping itu, tidak seperti olahraga yang lebih terancang, jalan cepat tidak membutuhkan banyak penyiapan atau perlengkapan. Cukup pasang sepatu lari dan kita siap melakukan.

2. Elliptical

Pelatih bersertifikasi NASM, Jason Williams, CPT, mengutarakan, latihan dengan elliptical machine memberi faedah kardiovaskular yang serupa seperti lari, tapi tidak mengakibatkan cidera.

Karena, kaki kita masih tetap di pedal selama waktu — tidak mengusung dan memukul permukaan yang keras— hingga peluang untuk cidera pada lutut lebih kecil.

Kita dapat tingkatkan kekebalan pada elips yang bisa tingkatkan detak jantung, membakar kalori, dan kencangkan otot.

3. Lompat tali

Lompat tali kemungkinan bukan latihan kardio yang paling halus, tapi bila dibanding dengan lari, ini lebih bagus untuk sendi kita.

“Karena lompat tali bawa kita lewat bentang gerak yang lebih kecil,” kata pelatih kesehatan, BB Arrington, NASM-CPT.

Latihan inu memberi faedah yang serupa untuk paru-paru, jantung, dan pembakaran kalori seperti lari dalam saat yang lebih singkat.

4. Berenang

Bila kita mempunyai akses ke kolam renang, karena itu berenang ialah latihan kardio yang paling efisien dan halus.

“Latihan ini tempatkan penekanan sedikitnya pada sendi, tingkatkan detak jantung, dan mengaplikasikan sedikit perlawanan,” kata Williams.

Karena intensitasnya yang dan imbas yang rendah, berenang dipandang seperti salah satunya latihan terbaik untuk mengurus penyakit jantung.

5. Rowing

Williams menjelaskan memakai rowing machine ialah tipe lain dari latihan kardio yang kurang meredam beban dibanding lari.

Ditambahkan lagi, itu bisa aktifkan otot lengan dan punggung untuk latihan semua badan.

Tetapi harus diingat, rowing memang mewajibkan kita untuk menekuk lutut, cukup dengan sedikit bentrokan dan hentakan (serupa dengan elips).

Tergantung di tingkat keparahan ngilu lutut , kerjakan latihan ini dengan tenang.