5 Cerpen mengenai Pahlawan Singkat dan Menarik, Pas untuk Pekerjaan Sekolah!

5 Cerpen mengenai Pahlawan Singkat dan Menarik, Pas untuk Pekerjaan Sekolah!

Beritaburung – Contoh cerpen mengenai pahlawan yang menjadi gagasan pas untuk kamu menyongsong Hari Pahlawan pada 10 November. Yok, baca beberapa rekomendasi cerpen mengenai hari pahlawan!

Properti People, sebenta kembali warga Indonesia akan menyongsong Hari Pahlawan pada 10 November 2022 kedepan.

Ada bermacam langkah untuk menyemarakkan hari monumental itu, misalkan membuat caption hari pahlawan di sosial media, pembacaan puisi pahlawan, sampai ikuti pidato hari pahlawan.

Kamu bisa juga membuat cerpen mengenai Hari Pahlawan 10 November untuk kenang kembali jasa beberapa perintis yang ikhlas berkorban dengan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Informasi 99.co Indonesia sudah mengumpulkan dari beragam sumber, berikut sejumlah cerpen mengenai perjuangan pahlawan yang menjadi ide.

5 Cerpen mengenai Pahlawan Singkat
1. Cerpen mengenai Pahlawan Soekarno
SOEKARNO

Presiden pertama Republik Indonesia ini namanya Soekarno, atau kita lebih dekat dengar panggilan Bung Karno. Soekarno terlahir di Blitar pada 6 Juni 1901. Periode kecil Soekarno cuma sekian tahun hidup bersama orang tuanya di Blitar.

Saat sekolah dasar sampai tamat, Soekarno kamar kos di dalam rumah Haji Oemar Said Tjokroaminoto (HOS Tjokroaminoto) yang disebut politikus berpengalaman pendiri Syarikat Islam.

Selanjutnya meneruskan sekolah di HBS (Hogere Burger School). Saat belajar dalam HBS itu, Soekarno sudah memupuk rasa nasionalisme dalam sanubarinya.

Selesai lulus HBS di tahun 1920, beliau berpindah ke ibu-kota Jawa Barat dan melanjut ke THS (Technische Hoogeschool) atau sekolah Tehnik Tinggi yang saat ini dikatakan sebagai Institut Tehnologi Bandung. Beliau juga sukses raih gelar insinyur pada 25 Mei 1926.

Aksi Soekarno juga lanjut ke sektor politik. Selanjutnya, si proklamator merangkum tuntunan Marhaenisme dan membangun sebuah partai yang namanya PNI (Partai Nasional lndonesia) pada 4 Juli 1927. Arah diberdirikannya partai ini untuk ke arah Indonesia merdeka.

Kompeni yang tidak suka dengan gerakan Soekarno ambil perlakuan supaya pemerintah Hindia-Belanda waktu itu bisa berdiri kuat di tanah jajahannya.

Mengakibatkan Belanda menceploskan Soekarno ke penjara Sukamiskin yang ada di di Bandung pada 29 Desember 1929.

Soekarno harus menanti 8 bulan dipenjara saat sebelum disidangkan. Dalam pidato pembelaannya yang dengan judul “Indonesia Menuntut”, beliau memvisualisasikan keadaan politik internasional dan kondisi rakyat Indonesia di bawah belenggu kolonialisme.

Pembelaannya itu membuat Belanda makin geram hingga pada Juli 1930, PNI juga disetop. Sesudah bebas di tahun 1931, beliau tergabung dengan Partindo dan sekalian memimpin.

Mengakibatkan, beliau kembali diamankan Belanda dan dikucilkan ke Ende, Flores, di tahun 1933. 4 tahun selanjutnya dia dipindah ke Bengkulu.

Sesudah menelan beragam pil pahit, perjuangannya tidak percuma. Pada Agustus 1945 dia bersama Moh. Hatta dan figur nasional yang lain membuat dokumen proklamasi yang pada akhirnya dibacakan pada 17 Agustus 1945. Pembacaan dokumen ini sekalian kukuhkan kedaulatan Republik Indonesia.

**Sumber: ditsmp.kemdikbud.go.id

2. Cerpen mengenai Pahlawan Nasional
Sumber: mustakim.org

3. Cerpen mengenai Pahlawan Wanita
KISAH CUT NYAK DIEN

Cut Nyak Dien ialah Pahlawan Nasional Indonesia yang lahir di tahun 1848 di kerajaan Aceh. Dia tercipta dari garis keluarga bangsawan yang memprioritaskan keutamaan pengajaran agama untuk keluarganya.

Cut Nyak Dien tercipta dari orangtua namanya Teuku Santa Setia dan Putri Uleebalang Lampagar. Dia di karuniai seorang putra hasil dari pernikahannya dengan Ibrahim Lamnaga.

Lalu dia mempunyai putra ke-2 dengan pernikahan ke-2 nya bersama Teuku Umar namanya Cut Gambang.

Cut Nyak Dien memukul mundur beberapa penjajah Belanda bukan tanpa rintangan. Cut Nyak Dien dan Teuku Umar di kenali memperlancar strategi Hed Veraad.

Strategi Hed Veraad ini memaksakan pasangan suami istri itu berpura-pura tergabung dengan penjajah Belanda. Setelah ketahui gagasan Belanda Cut Nyak Dien memperlancar laganya untuk merampas kekuasaan dari tangan penjajah.

Tetapi, Teuku Umar tidak berhasil di saat serang pasukan Belanda dan kalah. Tonggak perjuangan menantang penjajah selanjutnya diteruskan oleh Cut Nyak Dien yang saat itu berumur masih muda.

Tetapi, sayang Belanda sanggup tangkapnya di Beutong Le Sageu.

Tetapi, perjuangan Cut Nyak Dien untuk Indonesia sudah terdaftar sebagai pahlawan nasional. Dan dia sebagai salah satunya nama pahlawan yang populer di Indonesia.

**Sumber: mustakim.org

4. Cerpen mengenai Pahlawan Indonesia

Cerpen pahlawan

5. Cerpen mengenai Perjuangan Pahlawan Singkat

Perjuangan pahlawan
Nach, itulah beberapa cerpen mengenai pahlawan untuk menyongsong Hari Pahlawan 10 November.

Mudah-mudahan memberikan inspirasi, Properti People.

Tidak boleh terlewat artikel yang lain di informasi.99.co dan Google News Informasi 99.co Indonesia.

Sedang mencari rumah mimpi untuk keluarga di Depok? Dapatkan bermacam referensi terbaik di www.99.co.id dan rumah123.com.

Percayakan pada kami, karena kami selalu #AdaBuatKamu untuk mendapati rumah terbaik seperti Cimanggis Golf Estate.

Check saat sebelum kekurangan!