5 Cara Ampuh Mengatasi Jerawat di Kepala

BERITA BURUNG Seperti nggak cukup masalah jerawat di wajah dan punggung, juga sering terjadi di bagian kepala. Lagi menyisir rambut tiba-tiba terasa perih, pas dipegang eh ternyata jerawat. Kok masalah ini nggak kelar-kelar sih?

Nah, salah satu penyebab terjadinya di kepala ternyata berhubungan dengan kebersihan rambut dan kulit kepala. Yang paling sering menjadi penyebab utama dari di kepala adalah tidak keramas setelah berolahraga yang menghasilkan keringat baik di tubuh maupun di kepala. Selain masalah kebersihan juga ada beberapa masalah menyangkut hormon yang bisa menyebabkan terjadinya jerawat pada kepala.

Tapi sebenarnya ada nggak sih cara khusus untuk mengurangi pertumbuhan di kepala? Wah, tentunya ada dong, Bela! Berikut cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah di kepala dengan mudah!

1. Rutin Membersihkan Rambut

5 Cara Ampuh Mengatasi Jerawat di Kepala

Mengingat kita tinggal di Indonesia yang memiliki udara lembap, penting sekali untuk rutin membersihkan rambut. Buat kamu yang sering keramas seminggu sekali dan menemukan jerawat di kepala, ini waktunya kamu mengubah kebiasaan tersebut. Usahakan untuk keramas dengan sampo sesuai jenis rambut dua hari sekali ya untuk menghindari pertumbuhan di kepala.

2. Jangan Memencet Jerawat

5 Cara Ampuh Mengatasi Jerawat di Kepala

Siapa yang setuju kalau seringkali saat mengetahui memiliki jerawat rasanya gemas banget untuk memencetnya? Ternyata memencet di kepala akan membuat semakin meradang dan mengakibatkan infeksi. Oleh karena itu, kebiasaan ini harus dihentikan ya, Bela!

3. Mengurangi Penggunaan Produk Styling Rambut yang Berlebihan

5 Cara Ampuh Mengatasi Jerawat di Kepala

Suka pakai produk styling seperti hairspray dengan intensitas yang cukup sering? Ternyata ini bisa jadi penyebab munculnya jerawat di kepala. Hairspray mengandung kandungan yang dapat menyumbat pori-pori sehingga mengakibatkan tidak segan muncul apabila penggunaan produk tersebut terlalu sering. Selain itu penggunaan hair oil juga disarankan digunakan satu minggu sekali saja karena hair oil juga dapat menyumbat pori-pori yang terdapat pada kulit kepala.

4. Memperhatikan Konsumsi Makanan

5 Cara Ampuh Mengatasi Jerawat di Kepala

bisa menjadi tanda bahwa kulit tidak bisa menghadapi bakteri yang menyerang tubuh. Oleh karena itu, konsumsi makanan sehari-hari juga perlu untuk diperhatikan. Usahakan untuk minum air mineral secukupnya setiap hari untuk memastikan kulit terhidrasi keseluruhan sehingga tidak mudah timbul .

5. Penggunaan Salep Jerawat Khusus Kulit Kepala

5 Cara Ampuh Mengatasi Jerawat di Kepala

Penggunaan obat khusus juga ternyata bisa digunakan di kepala, namun carilah yang memang dikhususkan untuk kulit kepala. Biasanya obat salep ini akan berfungsi mengeringkan sehingga tidak terus tumbuh atau malah infeksi. Sebelum membeli produk salep khusus kulit kepala, coba riset dulu ya, Bela!