13 Makanan Unik Kota Bandung, Cita Rasa Ciri khas Tanah Sunda

13 Makanan Unik Kota Bandung, Cita Rasa Ciri khas Tanah Sunda

13 Makanan Unik Kota Bandung Terdapat banyak makanan unik Tanah Sunda yang tenar di semuanya area di Indonesia. Di bawah ini sejumlah opsi makanan unik Kota Bandung, apakah ada yang pernah sebelumnya kamu coba? Terdapat banyak makanan unik Tanah Sunda yang termasyhur di seluruhnya area di Indonesia. Berikut di bawah ini sejumlah alternatif makanan unik Bandung, apakah ada yang sebelumnya pernah kamu coba? Begitu banyak makanan nikmat di Bandung, apa lagi makanan uniknya. Kamu dapat mendapatkannya di mana mana, mulai restaurant eksklusif sampai kaki lima. Pengin ketahui apa Makanan ciri khas Bandung yang wajib kamu coba? Baca beritanya berikut di bawah ini ya!

Makanan Unik Kota Bandung

1. Peuyeum

Peuyeum adalah makanan yang dibikin dari singkong. Asal muasal kulineran ini ada dari Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Kota Bandung. Dahulunya, peuyeum dipakai menjadi makanan alternatif nasi di era penjajahan. Peuyeum atau tapai singkong yaitu kulineran yang dibikin teknik peragian gunakan ragi. Selainnya dimakan langsung, peuyeum bisa juga dibakar serta disiram parutan kelapa bersama paduan air gula jawa, sebagai makanan unik Kota Bandungyang lain namanya Colenak.

2. Surabi

Kamu jelas telah tidak asing dengan salah satunya jajan tradisionil dari Kota Bandung ini, kan? Kulineran sedap yang dibikin dari tepung beras dan santan yang dibakar di atas kayu ini punya rasa yang antik. Kamu bakal temukan struktur halus di sisi atas, dengan luaran yang kriuk dan sedikit rasa gosong. Diolah dengan tungku serta cetakan privat dari tanah liat, membuat kue surabi punyai cita-rasa unik yang nikmat. Kamu dapat menikmatinya dengan cairan gula merah atau kinca, oncom yang pedas, atau rasa asin dari gabungan telur.

3. Mie Kocok

Mau makanan berkuah? Kota Bandung pun punyai Mie Kocok yang gak kalah sedap. Kulineran ini berisikan mie yang berwujud tipis, yang disediakan beragam sayur, tauge, dan tambahan sedikit kikil sapi. Pemberian nama kulineran ini disamakan teknik penciptaannya, karena saat sebelum disuguhkan, mie akan di campur serta bahan lain bakal diaduk-aduk dan dikocak.

4. Bandros

Tidak cuma Surabi, Kota Bandung pun mempunyai kue lain yang memiliki nama Bandros. Kue ini dibikin dari gabungan tepung beras dengan santan kelapa yang diolah di cetakan cengkung. Hasilnya, kue ini miliki struktur garing di luar dan halus di atas. Saat sebelum disuguhkan, kue ini akan diberi parutan kelapa di saat adonan masih 1/2 masak. Kemudian, Bandros akan disediakan garam, gula, dan minyak kelapa. Kamu dapat secara gampang mendapatkan penjual kue ini di Bandung, kalau pengin cari kawan minum teh.

5. Batagor

Siapakah yang gak mengenal Batagor? kulineran unik Kota Bandung ini rupanya sudah tiba dimana saja. Namanya sebagai kependekan dari ‘bakso tahu goreng’, yang menunjuk di bahan dan teknik penciptaannya. Sementara itu resepnya dibikin dari adonan ikan dan tepung kanji, yang disediakan sauce kacang serta perasan jeruk limau yang fresh.

6. Seblak

Gak cuma Batagor, makanan ciri khas Kota Bandung  yang lain yang sudah tiba di beberapa kota di Indonesia ialah Seblak. Makanan ini dibuat dari krupuk yang direbus, lalu di campur racikan bumbu yang terdiri dalam bawang putih, kencur, cabe, serta garam. Selesai bumbu lembut diolah sampai wangi, baru beberapa bahan tambahannya ditempatkan. Seperti beragam sayur, potongan daging ayam, bakso, sosis, sampai ceker ayam. Kulineran nikmat ini nyatanya dapat juga disediakan kuah atau basah serta kering.

7. Makanan dari Oncom

Mengkaji Kota Bandung masih tidak cukup komplet bila belum mengupas mengenai oncom. Tentunya, ada beberapa makanan unik Kota Bandung yang dibikin dari material dasar oncom. Mulai dengan combro, makanan yang berbentuk olahan singkong dengan isian oncom yang dimasak. Combro sebagai ringkasan dari ‘oncom di jero’ atau ‘oncom di dalam’. Disamping Combro, kamu juga dapat nikmati kenikmatan oncom yang dipadukan nasi. Ini Nasi Tutug Oncom yang benar-benar menjadi legenda menjadi makanan unik Bandung. Kulineran ini sebagai nasi yang disediakan oncom, dan lauk pauk dan sambal. Kulineran ini mempunyai kombinasi rasa asin, renyah, dan pulen yang cocok di mulut. Masih ada kembali makanan ciri khas Bandung dari oncom yang wajib kamu coba. Berikut Ulukutek Leunca, kulineran dari olahan oncom serta buah leunca yang ditambahkan bumbu-bumbu yang lain. Kendati lumayan cukup sulit buat disampaikan, tetapi tidak boleh risau dengan rasanya, lantaran kamu ditanggung bakal kecanduan.

8. Makanan dari Aci

Tidak cuma makanan dari oncom, Kota Bandung pula tenar dengan makanan dari aci, atau tepung kanji. Pertama pastinya ada Cilok, adonan kanji yang dibuat bundar seperti bakso. Makanan ini diolah teknik direbus atau dikukus, dengan isian berbentuk suiran daging ayam. Sesudah itu ada Cimol, makanan yang dibuat dari bahan seperti cilok yang diolah metode dimasak. Terkecuali itu, ada juga Cireng, yaitu makanan yang dibuat dari aci dengan bentuk gepeng dan isian yang bermacam variasi, seperti ayam, keju, dan sambal. Gak cuma saat itu saja, makanan dari aci yang lain yakni Cilung. Kulineran ini dibikin dari adonan tepung kanji yang diolah digulung pada setangkai lidi dari bambu. Pemberian nama cilung sebagai ringkasan dari ‘aci digulung’. Paling akhir, ada Moring atau ‘cimol kering’. Ketidaksamaan dari cimol rata-rata yaitu adonannya bakal dipotong tipis-tipis saat sebelum dimasak. Ini bakal bikin Moring miliki struktur yang tambah lebih gurih, serupa dengan keripik yang dipasarkan di pasar.

9. Cuanki

Cuanki jadi makanan ciri khas Jawa Barat yang benar-benar gampang dijumpai di Kota Bandung. Kulineran ini punyai rasa renyah yang dikombinasikan kuah hangat yang nikmat. Makanan ini benar-benar pas buat menghangatkan tubuh di tengahnya keadaan Kota Bandung yang dingin. Terdiri dalam bakso, gorengan pangsit, serta tebaran daun seledri, Cuanki tak dihidangkan tambahan mie kuning atau bihun. Pemberian nama kulineran ini pun disinkronkan langkah penjual dalam jualan pada masa yang lalu. Mereka jalan kaki keliling maka dari itu disebutlah Cuanki atau ‘cari uang jalan kaki’.

10. Gehu Jeletot

Makanan ciri khas Bandung yang paling akhir merupakan Gehu Jeletot. Kulineran yang dibikin dari material dasar tahu dengan kombinasi terigu serta diisi tauge ini diolah metode dimasak. Gehu Jeletot umumnya dikonsumsi bersama cabe rawit yang pedas. Kamu bakal rasakan struktur crispy di luar serta halus di saat makannya. Saat ini, Gehu Jeletot bukan sekedar berisi tauge saja, akan tetapi pula bihun, wortel, kol, daging cincang, atau udang. Itu beberapa daftar makanan unik Bandung yang dapat kamu coba sewaktu liburan ke sana. Disamping rasanya yang nikmat, penampakannya sangat juga membangunkan hasrat, khan? Kurang lebih, kamu sempat coba yang mana? Nach, di saat liburan di Bandung, janganlah lupa buat pesan hotel lewat program Traveloka. Kamu bisa juga rental mobil terlepas kunci buat berkeliling-keliling kota, atau mendatangi restaurant-restoran yang jual makanan ciri khas Bandung itu. Ambil programnya saat ini, yok!

11. Gepuk

Apabila rendang dan dendeng ialah makanan dari daging yang dari wilayah Sumatera Barat, Gepuk yakni unik Jawa Barat. Makanan unik Bandung yang berikut tidak kalah enaknya dari 2 saudara jauhnya itu, Gepuk rata-rata dibentuk dari daging sapi, yang direbus 1/2 masak lalu dipukul-pukul sampai empuk, setelah itu diolah kembali dengan santan sampai berkurang. Buat memberikannya, daging harus dimasak dulu lalu jadilah Gepuk, buat rasanya sendiri makanan unik Bandung yang ini benar-benar miliki cita-rasa yang cukup tinggi, kombinasi manis dan renyah, Gepuk sendiri lebih spesial bila di makan dengan nasi hangat.

12. Karedok

Karedok salah satu makanan unik Bandung atau Jawa Barat yang sepintas serupa dengan teman baiknya ialah gado-gado, tetapi sebetulnya tidak sama serta unik sekali. Karedok sendiri dibikin dari beberapa bahan yang mentah, tergolong ketimun, tauge, kol, kacang panjang, dan daun kemangi yang dihidangkan bumbu kacang yang mempunyai kandungan kencur dan terasi. Lantaran material dasar yang mentah dan bumbu kacang yang berlainan ini bikin Karedok lebih berasa fresh daripada olahan sayur dengan bumbu kacang lain, dan itu hal itu dia yang bikin rasa Karedok sangatlah unik.

13. Siomay

Membicarakan makanan unik Bandung pastinya tidak dapat tiada membicarakan Siomay, makanan sebagai revolusi dari satu diantara jenis dimsum unik Chinese, shumai, ini nikmat sekali. Berbentuk dumpling dengan luaran kulit ciri khas yang diisi adonan dari ikan tenggiri dan diolah metode di steam, lalu dihidangkan bumbu kacang yang Indonesia sekali amatlah tidak sama dengan dimsum shumai yang dihidangkan sauce cabe. Kendati Siomay dapat secara simpel kamu dapatkan di wilayah lain, tapi tetap belumlah ada yang dapat menaklukkan kota Bandung menjadi pusatnya Siomay nikmat! makanan ciri khas Bandung ini dapat kamu temukan ditepi jalan di Bandung tidak mesti dalam tempat populer.

 

BACA JUGA :  10 Resep masakan ubi ungu modern, sedap, yang bergizi, dan ringan dicontoh