13 Daftar Nama Alat Tulis Sekolah Lengkap dan Fungsinya

img-4

BERITA BURUNG

Punya hobi mengoleksi alat tullis? Tentu sudah tidak asing lagi dengan penggunaan Tulis kelengkapan satu ini. Peralatan ini ialah salah satu hal yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran di sekolah. Untuk mengetahui apa saja daftar nama alat tulis sekolah lengkap, yuk simak penjelasan di bawah ini.

Daftar Nama Alat Tulis Sekolah Lengkap

1. Pensil

Krayond: Pensil 2B Faber Castell @12 pcs

Alat tulis yang wajib dibawa ke sekolah yakni pensil. Sebab, anda tidak perlu khawatir lagi dengan menggunakan pensil untuk menulis. Jika terdapat kesalahan dalam tullisan, anda bisa menghapusnya dengan mudah. Bahkan, kini pensil tidak hanya berupa pensil biasa tetapi ada juga yang mekanik sehingga anda tidak perlu rautan untuk meruncingkannya.

2. Pulpen

Ballpoint Standar (Pulpen Meja) (Pak) - UMKM Paperglow - Kab. Ciamis , Jawa  Barat | Indotrading

Peralatan sekolah yang tidak kalah penting yakni pulpen. Pulpen juga dapat digunakan untuk mengerjakan ujian. Alat tullis ini biasanya digunakan oleh pelajar Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Terlebih lagi, bolpoin berwarna membantu anda dalam mencatat materi agar semangat menulis dan membaca catatan.

3. Penghapus

Jual Penghapus Pensil | PaDi UMKM

Penghapus juga termasuk peralatan tullis yang perlu dibawa sebagai pelengkap pensil. Bentuknya pun berbagai macam dan bahannya terbuat dari karet. Dalam memilih penghapus, usahakan memilih produk yang berkualitas tinggi karena penghapus yang bagus tidak membuat tulisan meluber dan kertas sobek.

4. Penggaris

Jual Penggaris stainless steel 200 CM / 2 Meter OPT - Jakarta Barat - Scg  Mabes | Tokopedia

Penggaris atau biasa disebut sebagai mistar adalah alat bantu ukur serta menggambar garis lurus. Ternyata, penggaris tersedia dalam berbagai macam bentuk mulai dari panjang, segitiga, hingga bulat. Anda bisa memilih penggaris lipat agar lebih ringkas dan tidak memakan ruang tempat pensil.

5. Stabilo

STABILO BOSS Original Desk Set of 23 Assorted Colours

Stabilo atau highlighter ialah alat tullis wajib yang ada di tas sekolah alat ini berfungsi untuk menandai atau menyorot tulisan materi penting pada buku. Stabilo hadir dengan berbagai macam warna. Warna pastel adalah warna yang paling digemari agar menghasilkan kesan kalem dan enak dipandang pada buku catatan.

6. Buku Catatan

Jual NOTEBOOK BASIC AESTHETIC BUKU TULIS catatan SPIRAL A5 ISI POLOS GRID  GARIS DOT HVS RING TEBAL 100 HALAMAN | Shopee Indonesia

Buku adalah sarana atau media menulis dan mencatat materi penting. Setiap tahun ajaran baru, toko alat tullis atau pusat grosir biasanya mengadakan diskon besar-besaran untuk penjualan berbagai jenis buku. Mulai dari buku bergaris, buku kotak kecil, buku kotak besar hingga buku halus untuk tulisan latin.

7. Tempat Pensil (Pencil Case)

Jual Kotak Pensil Tempat Pensil Motif Anak Laki Laki | Shopee Indonesia

Tempat pensil atau pencil case ialah tempat khusus menyimpan berbagai alat tullis, seperti pulpen, pensil, penghapus, rautan, isi pensil dan sticky note. Ada juga tempat pensil yang memuat alat tulis seperti spidol dan stabilo. Modelnya pun cukup beragam mulai dari bercorak, berwarna menarik, berbahan kain hingga transparan.

8. Spidol

spidol white board snowman BG 12 | Lazada Indonesia

Hampir mirip dengan bolpoin, spidol juga hadir dengan warna yang beragam. Namun, ujungnya lebih lunak dan berisi lebih cair daripada bolpoin. Penggunaannya dapat menghasilkan tulisan tebal. Spidol pun ada yang bisa digunakan untuk menulis catatan materi pelajaran agar lebih menarik dengan metode lettering.

9. Penggaris Sudut (Set Square)

Jual Busur Derajat Kombinasi Penggaris Stainless Alat Ukur Sudut Penggaris  Jangka 180 Derajat | Shopee Indonesia

Seperti yang diketahui bahwa penggaris hadir dengan berbagai bentuk. Salah satunya yakni penggaris sudut yang mampu mengukur sudut sesuai kebutuhan seperti menggambar bentuk bangunan, replikasi bangunan dan pola pakaian. Dengan bentuk segitiga, anda bisa menarik garis tegak, miring atau sejajar hingga membentuk sudut istimewa.

10. Buku Gambar

Jual Buku Gambar Deluxe A4 / Buku Gambar Anak Sekolah - Kota Medan -  Toserbamdnn | Tokopedia

Buku gambar atau buku sketsa ialah Kumpulan lembaran yang menyatu menjadi buku dengan halaman kosong. Alat tulis ini bisa digunakan untuk membuat sketsa dan biasa digunakan seniman untuk menggambar atau melukis. Ukurannya pun beragam mulai dari A3, A4, F4, A5 hingga 3A.

11.Pensil Warna / Crayon

Belanja Pensil Warna di Cv Pustaka Group | SIPLah Blibli

Pensil warna atau biasa disebut sebagai crayon ialah peralatan gambar yang terbuat dari lilin berwarna, air dan kapur atau talek. Krayon juga biasa digunakan oleh anak dan seniman. Crayon terdiri dari dua jenis yakni oil pastel dan wax. Crayon oil pastel terbuat dari campuran minyak dan bubuk pewarna. Sementara itu, crayon wax terbuat dari campuran lilin dan bubuk pewarna.

12. Alat Geometri (Kompas, Busur, Jangka Sorong)

Blues Riders: Staedtler Mathematical Drawing Instruments

Daftar nama alat tulis sekolah lengkap selanjutnya yakni alat geometri yang mencakup Kompas, busur dan jangka sorong. Kompas dapat digunakan untuk menentukan arah mata angin. Busur juga penting digunakan untuk mengukur besaran sudut. Sementara itu, jangka sorong berfungsi untuk mengetahui panjang, diameter dalam dan luar sebagai sebuah bentuk benda.

13. Penghapus Tinta / Tipe-X

Belanja Tipe-x di Toko Indra Center | SIPLah Blibli

Tipe X ialah alat tulis penghapus bolpoin yang juga termasuk daftar nama alat tulis sekolah lengkap. Menariknya, nama alat tulis ini menggunakan frasa “Mistake Out” yang berarti kesalahan kabur. Ada dua macam tipe x atau correction tape yang dijual di pasaran yakni berbentuk cair dan berbentuk pita kaset.