10 Gitaris Terbaik Indonesia yang Menjadi Legenda

10 Gitaris Terbaik Indonesia yang Menjadi Legenda

10 Gitaris Terbaik Indonesia yang Menjadi Legenda

-BERITA BURUNG

Meski secara Industri musik modern Indonesia Gitaris tertinggal beberapa tahun dibandingkan dengan industri musik luar negeri, tapi untuk urusan skill bukan berarti kita kalah loh.

Karena sejauh ini, telah banyak musisi Indonesia yang telah berhasil menorehkan pencapaian di dunia internasional, sebut saja Putri Ariani yang berhasil mendapat golden ticket di acara America’s Got Talent atau Rich Brian dan Niki yang berhasil mencatatkan namanya di industri musik Internasional.

Bukan hanya musisi yang fokus di bidang tarik suara, musisi yang memegang posisi gitar asli Indonesia juga banyak yang sudah menorehkan namanya di dunia Internasional sebut saja album solo Dewa Budjana yang menjadi salah satu album favorit dari John Frusciante (Gitaris Red Hot Chili Pepper).

1. Tohpati

tohpati

Karena sebagai gitaris yang mengusung genre Jazz, nama Tohpati merupakan nama yang sangat melegenda dan banyak terlibat di proyek musik besar seperti Krisdayanti, Glenn Fredly, Chrisye dan masih banyak lagi.

Hal yang membuat Tohpati layak menjadi salah satu gitaris terbaik Indonesia adalah karena permainannya yang rumit namun elegan dan sangat mudah membuat kuping terbuai dengan susunan nada jazz yang menenangkan.

2. I Wayan Balawan

gitaris terbaik indonesia

Sebagai lulusan Institut Musik Australia tentu saja menjadi hal yang wajar jika Balawan mampu memainkan gitarnya dengan teknik-teknik yang diluar nalar seperti teknik touch tapping style.

Terlebih teknik gitar tersebut digabungkan dengan musik gamelan serta yang lebih gilanya lagi Balawan memainkan gitar dengan dua neck yang menjadi signaturenya.

3. Eross Candra

eross candra

Meski Sheila on 7 bukanlah band yang memainkan tipe lagu rumit tapi Eross Candra dapat memainkan gitarnya dengan teknik tinggi tanpa ada pretensi untuk mencuri spotlight.

Maka tidak mengherankan jika Fender dan Squier, merk gitar kenamaan Amerika pernah mengajak Eross Candra berkolaborasi untuk membuat gitar signature nya sendiri.

4. Eet Sjahranie

gitaris terbaik indonesia

Gitaris yang satu ini merupakan gitaris yang dipercaya untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh Ian Antono di God Bless bahkan posisinya di God Bless aja udah mampu menggambarkan skill dari Eet Sjahranie.

Memiliki gaya permainan yang terinspirasi dari permainan Van Halen, Eet Sjahranie membawa musik God Bless kedalam dimensi berbeda yang sebelumnya diberikan oleh Ian Antono.

Dengan riff beserta licknya yang kelewat canggih maka tidak heran jika Eet bisa dibilang termasuk ke dalam salah satu gitaris indonesia yang namanya layak dicatat dalam sejarah musik.

5. Dewa Budjana

dewa budjana

Bisa dibilang Dewa Budjana merupakan gitaris terbaik Indonesia yang memiliki dua kepribadian, ga percaya? Coba deh kamu bandingin album Gigi dengan album Solo Dewa Budjana.

Meskipun di Gigi, Dewa Budjana tetap menampilkan permainan gitar dengan teknik rumit dan sulit tapi tetap saja gue menganggap skill gitar yang dimainkan di Gigi hanya sebagian dari skill optimal yang ditunjukan oleh Dewa Budjana.

Hal itu terbukti ketika gue mendengar album solo Dewa Budjana yang aneh bin ajaib karena permainannya yang seperti dari luar planet.

6. Gugun

gitaris terbaik indonesia

Gugun yang merupakan satu-satunya gitaris di band Gugun Blues Shelter merupakan tipe gitaris yang dapat mengisi setiap kekosongan yang terdapat pada lagu dengan lick-lick yang rumit.

Full Throttle Blues! Mungkin kalimat itulah yang bisa menggambarkan permainan Gugun yang sarat dengan sentuhan Jimi Hendrix namun dengan unsur modern ala SRV.

Dengan permainan yang rumit tersebut maka tidak mengherankan jika Gugun termasuk ke dalam 10 gitaris terbaik Indonesia yang wajib banget kamu tahu.

7. Ian Antono

ian antono

Ada beberapa alasan mengapa God Bless menjadi band legenda dan salah satunya adalah kehadiran Ian Antono yang mengisi lick-lick gitar di God Bless yang begitu ikonik.

Sebagai gitaris senior Indonesia tentu saja Ian Antono memiliki lusinan portfolio yang begitu memorable dan diantaranya adalah Neraka Jahanam, Rumah Kita hingga Panggung Sandiwara.

8. Ebiet G Ade

gitaris terbaik indonesia

Sebagai musisi yang terkenal dengan lirik yang mampu memaksa air mata menetes, Ebiet G Ade juga merupakan seorang gitaris yang lihai dalam memetik gitarnya.

Ebiet G Ade bukanlah tipikal gitaris yang bermain gitar dengan teknik yang rumit dan sulit ditiru justru sebaliknya Ebiet G Ade memainkan gitar secara effortless tapi begitu klop dengan lirik serta vokal yang menghadirkan komposisi lagu tanpa celah.

Selain itu dengan petikan sederhana, Ebiet G Ade berhasil menghidupkan setiap bait yang terdapat pada lagunya yang menjadikan seolah lagu itu hidup dan Ebiet G Ade sedang bercerita di kuping kita.

9. John Paul Ivan

Gitaris yang satu ini mungkin bisa dibilang sebagai orang yang paling berjasa dalam proses membesarkan nama Boomerang menjadi salah satu band legendaris Indonesia.

Gimana nggak? John paul Ivan berhasil menghasilkan riff-riff dengan sentuhan blues yang ikonik hingga mampu membuat lagu-lagu Boomerang masih dikenang hingga sekarang.

10. Yopie Item

Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa “Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya” dan hal ini terbukti ketika kita melihat bagaimana permainan Stevi Item dan coba membandingkan dengan ayahnya Yopie Item.

Memulai karir sebagai gitaris di usia 14 tahun Yopie Item berhasil mencatatkan namanya sebagai gitaris legendaris yang karyanya masih dapat didengarkan hingga sekarang.

Karena Yopie Item telah menjadi langganan gitaris pengisi dari beberapa musisi terkenal diantaranya adalah Titiek Puspa, Mus Mualim, Eka Sapta, Buana Suara, Baby Face hingga Fabulous yang tidak mengherankan jika Yopie Item dinobatkan sebagai salah satu gitaris terbaik Indonesia.

Itulah dia 10 gitaris terbaik Indonesia hingga saat ini yang karya-karyanya bakal hidup abadi hingga generasi ke generasi mendatang.